Budapest – Aksi apik pembalap Tim Mercedes Petronas, Lewis Hamilton, saat balapan Formula 1 (F1) GP Hungaria, di Sirkuit Hungaroring, Minggu 29 Juli 2018, berbuah kemenangan. Akan tetapi, insiden yang melibatkan rekan setimnya yakni Valtteri Bottas dan Sebastian Vettel (Scuderi Ferrari) juga dianggap Hamilton sebagai faktor yang membuat dirinya menang pada balapan itu.

Inilah Beberapa Faktor yang Bikin Hamilton Menangi F1 GP Hungaria 2018

Patut diakui bahwa Hamilton tampil cerdik di race itu karena mampu menjaga posisinya sebagai pemimpin balapan sejak awal. Hamilton dengan baik memanfaatkan keuntungan karena meraih pole position saat sesi kualifikasi sebelumnya.

Kendati demikian, Hamilton mengaku Vettel memiliki kecepatan yang cukup untuk dapat menyalip dan mengambil posisinya kala itu. Beruntung bagi Hamilton, Vettel harus bertarung terlebih dahulu dengan Bottas yang menduduki posisi kedua.

Pertarungan itu memang dimenangkan Vettel, tetapi waktu yang terbuang untuk bertarung dengan Bottas membuat Hamilton semakin menjauh. Apabila Vettel dapat lebih cepat melewati Bottas maka hasil akhir balapan F1 GP Hungaria mungkin akan berbeda.

“Anda bisa melihat perbedaan yang mereka miliki. Waktu dia (Vettel) melewati Bottas, saya tengah menjaga kondisi mesin dan mobil. Jadi, saya bisa lebih cepat,” ungkap Hamilton sebagaimana diberitakan ESPN pada Senin (30/7/2018).

“Jika dia melewati Bottas lebih cepat, maka mungkin Vettel akan menangkap saya dengan lima lap yang tersisa, seperti itu. Apakah saya dapat menahannya? Akan sangat berjuang untuk itu. Untungnya saya cukup cepat sejak awal dan punya kesempatan sementara dia di belakang Valtteri (Bottas),” tutup Hamilton. (Tita Yanuantari – harianindo.com)