Home > Ragam Berita > Nasional > Selain Papua, Inilah Beberapa Wilayah Penimbun Emas di Indonesia

Selain Papua, Inilah Beberapa Wilayah Penimbun Emas di Indonesia

Jakarta – Jika sebelumnya banyak pihak yang percaya bahwa emas yang berlimpah hanya ada di Papua, hal itu kini bisa terbantahkan. Ternyata selain Papua, ternyata Indonesia masih menyimpan harta karun di berbagai wilayah.

Selain Papua, Inilah Beberapa Wilayah Penimbun Emas di Indonesia

Berikut beberapa wilayah penimbun emas di Indonesia:

1. Bengkulu

Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma ternyata menyimpan kandungan emas lebih dari Papua. Karena luas wilayah penimbun emas ini mencapai 90 ribu hektare. Hal ini dibuktikan dari hasil survei awal tim ahli geologi berbendera Berick dari Inggris menunjukkan potensi kandungan emas melebihi satu juta ounces.

2. Bogor

Bogor juga memiliki potensi emas yang luar biasa. Lokasi penambangannya terletak di Gunung Pongkor dan menjadi kawasan pertambangan emas yang dikelola oleh BUMN tambang PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Keberadaan tambang emas Pongkor dimulai dengan eksplorasi logam dasar timbal (Pb) dan seng (Zn) di bagian utara Gunung Pongkor oleh geolog Antam mulai 1974 hingga 1981.

3. Bali

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Bali, I Ketut Ariantana, melansir data cukup mencengangkan. Bahwa secara geologis tanah Bali ini memiliki potensi kandungan emas yang luar biasa. Namun, memang perlu penelitian karena letaknya terlalu dalam. Jumlahnya sendiri tidak diketahui secara pasti, tapi perkiraannya lebih dari satu juta ons.

4. Banyuwangi

Banyuwangi memiliki pertambangan emas yang dikenal sebagai tambang emas Tujuh Bukit Banyuwangi, atau Tumpang Pitu. Aset Tumpang Pitu berdasarkan standar Joint Ore Reserve Committe (JORC), memiliki kualitas aset: Estimasi 99 juta ton bijih dengan kandungan rata-rata 0,8 gram emas/ton bijih dan 25 gram perak/ton bijih, 794 juta gram cadangan emas dan 862 miliar gram cadangan tembaga pada lapisan porfiri, 70 juta gram cadangan emas dan 2,2 miliar gram cadangan perak pada lapisan oksidasi, Kapasitas produksi 2,8 juta gram emas dan 136 juta gram perak pertahun.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wakil Wali Kota Bekasi Sebut Koordinasi Dengan Ahok Lebih Baik Soal Sampah

Wakil Wali Kota Bekasi Sebut Koordinasi Dengan Ahok Lebih Baik Soal Sampah

Jakarta – Beberapa hari belakangan ini muncul ‘ketegangan’antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkot Bekasi soal ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135