Jakarta – Arief Budiman selaku Ketua KPU mengatakan bahwa pada hari pertama pembukaan pendaftaran capres dan cawapres kemarin, belum ada calon yang datang untuk mendaftarkan diri.

KPU Menyebut Hari Ini Capres dan Cawapres Belum Ada Yang Mendaftar

Saat ditemui di kantornya kemarin, dirinya berujar bahwa “Sampai hari ini belum ada,”

“Sehingga KPU sudah menyiapkan diri, begitu ya. Meski hari ini kan tidak ada pendaftaran, tapi KPU tetap mempersiapkan diri sejak hari pertama dibukanya pendaftaran. Jadi sejak tanggal 4, kita sudah mempersiapkan diri,” lanjutnya.

Dirinya kemudian memprediksi bahwa pihak partai baru akan mendaftarkan calon mereka sekitar tanggal 8 Agustus 2018. Informasi ini diperoleh dari berbagai perwakilan partai yang melakukan konsultasi dengan KPU.

Namun dirinya akan tetap melemparkan permintaannya pada pihak partai untuk segera mempersiapkan segala berkas yang diperlukan dan segera mendaftar.

Namun bila merasa tidak yakin dengan dokumen yang telah dipersiapkan, sebaiknya perwakilan partai membawa lebih dulu dokumen tersebut ke KPU. Sebelum melakukan pendaftaran, mereka sudah datang ke KPU mengkonsultasikan apakah dokumen yang sudah dipersiapkan itu sudah memenuhi syarat atau tidak.

“Jadi nanti pada saat pendaftaran itu akan cepat pemerkisaannya gitu loh. Karena sudah pernah dikonsultasikan, dokumennya sudah memenuhi syarat dokumennya jadi tak perlu terlalu lama berada di KPU begitu,” ujarnya menjelaskan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)