Brno – Finis di posisi empat dirasa cukup memuaskan bagi Valentino Rossi. Apalagi, pembalap asal Italia itu masih bisa menjaga jarak dari pembalap di bawahnya di papan klasemen meski selisih poin dengan sang pemuncak Marc Marquez melebar.

Rossi Akui Puas dengan Hasil MotoGP Republik Ceko 2018

Valentino Rossi

Vale saat ini nyaman duduk di posisi dua dengan torehan 132 poin. Ia berselisih 49 angka dari Marc di atas dan 19 poin dari Andrea Dovizioso yang ada di bawahnya. Pembalap bernomor 46 itu semakin tersenyum lebar melihat rekan satu timnya, Maverick Vinales, terjatuh di lap pertama.

Vinales yang sebelumnya duduk di peringkat empat kini digusur Jorge Lorenzo. Saingan lainnya untuk setidaknya duduk di posisi runner up, Johann Zarco, sulit untuk mendekati. Maka, Rossi kini memandang Andrea Dovizioso sebagai rival langsungnya untuk perebutan posisi kedua.

“Hari ini sangat baik karena saya berhasil memperlebar jarak dengan Maverick dan juga Zarco. Dovizioso sepertinya akan mengancam posisi kedua saya di paruh akhir musim, dan juga Lorenzo. Kami belum menyerah untuk juara dunia, tetapi tentu sulit (bersaing) dengan Marc,” ungkap Rossi sebagaimana diberitakan Crash pada Senin (6/8/2018).

Pembalap berusia 39 tahun itu mengklaim menjalani balapan yang sangat baik. Sebab, ia mampu memimpin sejak awal balapan dan bisa bertahan selama beberapa putaran. Sayangnya, daya cengkeram ban belakangnya mulai berkurang justru ketika Rossi butuh untuk menyerang.

“Sayangnya ketika daya cengkeram ban belakang mulai berkurang dan sering selip hingga sulit menambah kecepatan, dari situ lah kami mulai kalah. Saya akui tidak cukup kuat untuk podium hari ini,” tutup pembalap Movistar Yamaha tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)