Home > Ragam Berita > Nasional > Ternyata Begini Cara Jokowi dan Ahok Bersihkan Kali Sentiong Menurut Warga

Ternyata Begini Cara Jokowi dan Ahok Bersihkan Kali Sentiong Menurut Warga

Jakarta – Belakangan ini nama Kali Sentiong, atau yang sekarang dikenal juga dengan nama Kali Item, menjadi bahan pembicaraan terkait sejumlah upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk membersihkan dan menanggulangi bau yang ditimbulkan, menjelang pelaksanaan Asian Games 2018.

Ternyata Begini Cara Jokowi dan Ahok Bersihkan Kali Sentiong Menurut Warga

Menurut pengakuan beberapa warga di sekitarnya, kali ini sebenarnya sudah terlihat bersih dan tidak berbau saat era kepemimpinan Jokowi dan Ahok pada saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Gak ada bau itu,” kata salah seorang warga, saat ditemui di pinggir Kali Sentiong, Jakarta Pusat, pada Senin (30/8/2018).

Menurutnya, sebelum pasangan Jokowi dan Ahok menjabat orang nomor satu dan dua di DKI Jakarta, Kali Sentiong penuh dengan sampah sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

“Wah dulu mah itu kali isinya sampah semua. Warga sampai sudah bodo amat dengan baunya. Saking sudah terbiasanya,” ujarnya.

Kemudian baru pada era kepemimpinan Jokowi dan Ahok, Kali Sentiong mulai dibenahi dan dibersihkan dengan menggunakan alat keruk.

Namun, saat Ahok tidak lagi memimpin sebagai gubernur, Kali Sentiong tidak pernah lagi dibersihkan dan dikeruk.

“Setelah Pak Ahok turun itu setahu saya ga pernah lagi dikeruk,” ungkapnya.

Baru pada menjelang pelaksaan Asian Games 2018 ini, Pemprov DKI Jakarta kembali ‘memperhatikan’ Kali Sentiong dengan mulai membersihkannya menggunakan berbagai macam cara, termasuk menghilangkan baunya.

“Sekarang sih sudah gak begitu bau lagi sejak mulai rajin dibersihin,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Kali Sentiong yang melintas di dekat Wisma Atlet Kemayoran, yang akan digunakan menginap untuk 15 ribu atlet Asian Games 2018 dari 45 negara ini, telah tercemar limbah rumah tangga dan industri sehingga airnya berubah warna menjadi hitam dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berbagai upaya kemudian dilakukan untuk menanggulangi hal itu, termasuk menutupnya dengan jala berwarna hitam, menggunakan teknologi nano bubble, hingga mencampurkan penjernih air dan penghilang bau.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Baswedan Kembali Ancam Bakal Tutup Diskotek Old City

Anies Baswedan Kembali Ancam Bakal Tutup Diskotek Old City

Jakarta – Gubernur Anies Baswedan mengancam akan menutup diskotek Old City di Tambora, Jakarta Barat. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135