Jakarta – Barisan Muda (BM) PAN ternyata langsung berikan respon melawan atas sikap Ali Mochtar Ngabalin yang lemparkan kritik pada Amien Rais. Mereka meminta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memecat Ngabalin.

Dianggap Bikin Gaduh, Barisan Muda PAN Minta Ngabalin Dipecat

Aria Ganna selaku Ketua BM PAN mengatakan bahwa “Supaya proses kontestasi Pilpres mengedepankan semangat persatuan Indonesia maka masukan kami untuk Pak Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan mungkin ini momentum yang tepat mengganti Ngabalin dengan orang yang lebih kompeten,”

Aria menilai bahwa selama ini Ngabalin dinilai sering membuat gaduh suasana politik nasional. Pernyataan Ngabalin juga dinilai jauh dari semangat KSP yang mengedepankan substansi dan analisa terukur.

“Mengingat setiap blunder tidak hanya menimbulkan kegaduhan akan tetapi juga image KSP secara keseluruhan,” kata Ngabalin.

“Menanggapi pernyataan Ngabalin yang melecehkan Amien Rais menurut Barisan Muda PAN sudah sangat keterlaluan. Pertama, Perlu diingat bahwa Amien Rais bukan semata-mata Ketua Dewan Kehormatan PAN akan tetapi juga Tokoh Islam yang pernah menjadi Ketua Umum Muhammadiyah. Pernyataan Ngabalin sangat berpotensi menyulut emosi santri-santri Amien Rais,” tutur Ngabalin.

Pernyataan Ngabalin menolak PAN bergabung dengan koalisi Jokowi juga dinilai tidak tepat. Soalnya, Ngabalin tak berhak berkomentar soal pembentukan koalisi. Bahkan atasan Ngabalin tak pernah bicara soal koalisi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)