Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengapresiasi dan menghormati keputusan Presiden Jokowi untuk memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019.

Jokowi Pilih Ma’ruf Amin Sebagai Cawapres, Ini Kata Mahfud MD

“Menurut saya, biasa dalam politik. Itu tidak apa-apa, kita harus lebih utamakan keselamatan negara ini daripada sekadar nama Mahfud atau Ma’ruf Amin,” kata Mahfud MD kepada wartawan, Kamis (9/8/2018).

Seperti diketahui sebelumnya, nama Mahfud MD sempat santer menjadi kandidat kuat cawapres Jokowi. Namun pada detik-detik akhir, Jokowi justru menjatuhkan pilihannya kepada Ma’ruf Amin.

Mahfud MD juga menegaskan mendukung keputusan itu karena hal tersebut konstitusional.

“Kita terima ini sebagai keputusan. Proses sudah konstitusional. Kita dukung, negara ini harus terus berjalan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden petahana Joko Widodo telah mengumumkan dirinya akan maju kembali pada Pilpres 2019 mendatang dengan Ma’ruf Amin sebagai cawapres.

“Saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. Keputusan ini adalah tanggung jawab besar, erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan dan berkeadilan di seluruh pelosok,” ujar Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jl HOS Cokroaminoto No 42, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

“Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma’ruf Amin,” lanjutnya.
(samsul arifin – harianindo.com)