Jakarta – Mahfud MD memang batal menjadi cawapres pendamping Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut lantaran, sang capres petahana telah memilih KH Ma’ruf Amin untuk menjadi cawapres pendampingnya. Terkait hal itu, Mahfud MD sendiri mengaku telah bertemu dengan Jokowi. Mahfud memahami keputusan yang telah dipilih oleh Jokowi tersebut.

Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Mahfud MD : "Enggak Apa-Apa, Saya Maklum"

“Enggak apa-apa, saya sudah ketemu Pak Jokowi, saya katakan saya maklum. Seumpama saja jadi Pak Jokowi mungkin saya akan melakukan hal yang sama,” ujar Mahfud di kantornya, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, pada Kamis (9/8/2018).

Menurut Mahfud, keputusan yang diambil oleh Jokowi adalah bagian dari politik. Pasalnya, di dunia politik, lanjutnya, segala kemungkinan apapun bisa saja terjadi. Dihadapan Jokowi, Mahfud mengaku kaget lantaran tak jadi dipilih sebagai cawapres. Namun, ia tidak kecewa akan hal itu.

“Karena kan situasinya ini politik, permainan politik dan di dalam permainan politik segala sesuatu bisa terjadi,” ujar Mahfud.

“Tapi sekarang sudah selesai kagetnya dan saya katakan, Pak Jokowi enggak usah merasa bersalah atau apa, wong saya pun tak apa,” ujar dia.

Mahfud mengatakan Jokowi dihadapkan pada situasi bahwa ia harus membuat keputusan dan keputusan itu harus mempertimbangkan faktor partai koalisinya. Menurut dia, namanya memang terus menguat dari pagi hingga siang hari. Namun ada perubahan yang terjadi pada malam hari.

“Ya sudahlah pokoknya yang saya sampaikan ke Pak Jokowi gitu, kalau dari Pak Jokowi ke saya Anda enggak perlu tahu,” tutur dia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)