Home > Ragam Berita > Nasional > Bagaimana Elektabilitas PKS Usai Tak Dapat Jatah Cawapres?

Bagaimana Elektabilitas PKS Usai Tak Dapat Jatah Cawapres?

Jakarta – Hidayat Nur Wahid kali ini ungkapkan keyakinannya bahwa elektabilitas PKS tak akan terpengaruh. Hal ini, ia katakan meskipun capres-cawapres yang didukung PKS pada Pilpres 2019, tak mengambil kader PKS.

Bagaimana Elektabilitas PKS Usai Tak Dapat Jatah Cawapres?

Menemani Prabowo dan Sandiaga Uno mendaftar di KPU, dirinya berkata bahwa “Sama sekali tidak, karena kami sangat terbiasa dengan kedewasaan pemilih PKS. Mereka tidak memilih berdasarkan sekedar figurnya, tetapi memilih kualitas partainya, juga memilih kualitas caleg yang akan dimajukan,”

Kemudian dirinya juga mengatakan jika partai yang kadernya menjadi capres cawapres belum tentu mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, memang Parta Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra yang kadernya menjadi capres, yaitu Prabowo dan Jokowi.

“Sebetulnya, soal dinamika dan memutuskan siapa capres cawapres, saya yakin faktornya bukan hanya mendapatkan efek. Banyak faktor, soal Presidential Threshold 20 persen, kecocokan kedua pihak. Kemudian, bahkan soliditas koalisi masing-masing. Kalau itu jadi satu dominan, ya berarti hanya PDIP dan Gerindra yang diuntungkan. Saya yakin, tidak seperti itu,” katanya.

Ia pun yakin rakyat Indonesia terbiasa memilih dalam waktu bersamaan. Belum tentu, karena faktor kader menjadi capres cawapres memengaruhi keterpilihan caleg partai baik tingkat nasional, provinsi maupun daerah.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Reaksi Rommy Terkait Pengakuan Mahfud MD Soal Drama Penentuan Cawapres Jokowi

Ini Reaksi Rommy Terkait Pengakuan Mahfud MD Soal Drama Penentuan Cawapres Jokowi

Jakarta – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Rommy) mengaku tidak pernah mengucapkan kepastian ...