Silverstone – Banyak pembalap yang mengeluhkan kondisi lintasan Sirkuit Silverstone sebelum balapan MotoGP Inggris 2018 dimulai. Pasalnya, kondisi lintasan yang memiliki banyak gundukan dan kondisi cuaca yang buruk bisa mempersulit tiap pembalap yang mengaspal.

Morbidelli Keluhkan Kualitas Sirkuit Silverstone

Franco Morbidelli

Pembalap Tim Marc VDS, Franco Morbidelli pun menyatakan hal yang serupa dengan yang lainnya perihal kondisi lintasan. Pembalap asal Italia itu pun menilai bahwa MotoGP Inggris akan jadi sangat menyulitkanbila hujan turun sebelum balapan dimulai.

Hal itu telah terbukti saat sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2018 berlangsung yang mana turun hujan lebat sebelumnya. Alhasil, para pembalap pun menjadi kesulitan untuk memacu motornya pada kecepatan maksimal.

Menurut Morbidelli, kondisi lintasan yang basah telah memberikan beban yang begitu berat bagi ban depan. Dengan kondisi seperti itu, maka dapat dipastikan daya tahan ban akan semakin menurun di tiap putarannya dan itu akan berbahaya bagi tiap pembalap.

“Sisa treknya hampir kering, tetapi ketika kami sampai di sana, itu adalah neraka. Saya kehilangan cengkraman ban depan. Ada bendera di tempat (di mana pembalap lain jatuh) tetapi saya tidak melihat apapun sebelum sampai di sana,” ungkap Morbidelli sebagaimana diberitakan Crash pada Minggu (26/8/2018).

“Karena kami memiliki ban hujan, saya melihat dinding air di depan dan coba untuk memperlambat di sana. Akan tetapi tidak ada cara untuk mengendalikan motor sama sekali,” tutup pembalap asal Italia itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)