Home > Ragam Berita > Internasional > Korsel Tegaskan Pesawat Militer Tiongkok Langgar Batas Wilayah Udara

Korsel Tegaskan Pesawat Militer Tiongkok Langgar Batas Wilayah Udara

Seoul – Korea Selatan mengerahkan lebih dari sepuluh jet tempur pada Rabu 29 Agustus 2018 setelah sebuah pesawat militer Tiongkok memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea, atau KADIZ.

Korsel Tegaskan Pesawat Militer Tiongkok Langgar Batas Wilayah Udara

Pelanggaran ini merupakan kali kelima dari Tiongkok ke wilayah udara Korsel sepanjang 2018, menurut laporan situs berita News 1.

Kantor berita Yonhap melaporkan pesawat asing memasuki KADIZ sekitar pukul 07:37 waktu setempat dari daerah barat daya Pulau Ieodo, atau Socotra Rock, sebuah pulau karang di Laut Kuning yang juga diklaim Tiongkok.

Kepala staf gabungan Seoul mengatakan pesawat itu “keluar masuk secara berulang-ulang” di wilayah Selat Korea yang merupakan bagian dari KADIZ.

Sebagaimana diberitakan UPI pada Rabu (29/8/2018), pesawat itu kemudian bergerak ke utara di titik yang berlokasi sekitar 64 km timur laut Pohang, kota di Korsel bagian tenggara.

Pesawat itu kemudian sempat mencapai suatu titik yang berlokasi sekitar 84 km sebelah timur Gangneung, Provinsi Gangwon. Tempat itu pernah dijadikan lokasi Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Setelah bergerak ke beberapa titik, pesawat itu akhirnya meninggalkan wilayah udara Korea sekitar pukul 11.50 pagi waktu Korsel. Sepuluh pesawat yang dikerahkan Korsel merupakan jet jenis F-15K. Kesepuluh jet terbang untuk melacak dan memberikan peringatan kepada pesawat Tiongkok.

Menurut News 1, pesawat Tiongkok yang melanggar KADIZ itu kemungkinan jenis pengintai Y-9. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Paus Francis Tegaskan Pelecehan Seksual oleh Tokoh Gereja Tidak Terulang

Paus Francis Tegaskan Pelecehan Seksual oleh Tokoh Gereja Tidak Terulang

Vatikan – Paus Francis menemui delapan korban pelecehan seks oleh tokoh Gereja pada Rabu (29/8/2018). ...