Home > Ragam Berita > Nasional > Menag : Perbedaan Aspirasi Politik Jangan Sampai Mencemari Ibadah Haji

Menag : Perbedaan Aspirasi Politik Jangan Sampai Mencemari Ibadah Haji

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan aroma persaingan menjelang Pilpres 2019 dilakukan dalam agenda haji. Ia meminta semua pihak yang berbeda pilihan politik untuk menahan diri selama berada di Tanah Suci.

Menag : Perbedaan Aspirasi Politik Jangan Sampai Mencemari Ibadah Haji

“Mari sama-sama kita jaga Tanah Suci ini. Perbedaan aspirasi politik jangan sampai mencemari ibadah haji,’’ kata Lukman dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (30/8/2018).

Lukman mengatakan Imam Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abdurrahman As-Sudais, beberapa kali mengeluarkan pernyataan di berbagai media bila Makkah dan Madinah adalah kota suci. “Kita berhaji itu untuk ibadah, bukan untuk kepentingan lain.”

Dia meminta semua pihak menghargai Kerajaan Arab Saudi sebagai otoritas penyelenggara haji. Caranya, kata dia, dengan tidak melibatkan kepentingan lain selain ibadah haji selama berada di Tanah Suci.

“Mari kita jaga bersama Kota Suci ini dari pengaruh luar yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan ibadah,” tutur dia.

Lukman juga mengingatkan semua orang memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah. “Tanah Suci ini milik kita bersama. Jangan sampai ada sekat-sekat politik yang membedakan kita,”tambah dia.

Aroma persaingan pilpres memang mewarnai prosesi haji. Pemicunya, ada jemaah yang mengunggah gambar-gambar bernuansa pilpres di Tanah Suci. Bahkan, beredar pula foto-foto pembagian air zamzam dalam kemasan dengan logo bernuansa pilpres. Kementerian Agama kini sedang mengusut peristiwa tersebut. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Forum Masyarakat Cinta Surakarta Menolak Kedatangan Ahmad Dhani Pada 9 September

Forum Masyarakat Cinta Surakarta Menolak Kedatangan Ahmad Dhani Pada 9 September

Jakarta – Beberapa elemen masyarakat yang tergabung ke dalam Forum Masyarakat Cinta Surakarta baru-baru ini ...