Home > Ragam Berita > Nasional > PSI Kecam Kecurigaan Sandiaga Pada Data BPS

PSI Kecam Kecurigaan Sandiaga Pada Data BPS

Jakarta – Calon wakil presiden Sandiaga Uno belakangan ini sempat menuding bahwa data BPS ikut dikendalikan oleh pemerintah. Terkait tudingan tersebut, Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi merasa geram.

PSI Kecam Kecurigaan Sandiaga Pada Data BPS

“Kami menilai statement Pak Sandi sangat destruktif dan berpotensi membawa peradaban demokrasi kita kepada peradaban demokrasi primitif. Kami kecam statement itu,” tegas politikus yang kerap disapa Uki ini, Jumat (31/8/2018).

Pernyataan yang dilontarkan oleh Sandi tersebut jelas merupakan upaya untuk membangun distrust terhadap data BPS. Juga merendahkan para pekerja BPS yang telah bekerja keras mengumpulkan data tersebut. Uki melanjutkan, BPS menggunakan metode ilmiah dalam mengambil setiap data di lapangan. Tingkat akurasinya pun bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah pula.

“BPS adalah salah satu NSO (National Statistical Office) paling kredibel dimata internasional, bahkan kerap dijadikan NSO tujuan studi banding NSO negara lain,” jelas dia.

Mantan peneliti kebijakan di United Nations Population Fund ini meyakini bahwa motif Sandiaga melontarkan tudingan tersebut murni memiliki sarat politis. Pasalnya, tak sedikit statistik termutakhir BPS yang menunjukkan keberhasilan pemerintah.

“Kami menangkap kesan bahwa Pak Sandi frustrasi dalam membangun opini politik berbasis data. Karena data mengakui ekonomi membaik, ketimpangan ekonomi menurun sejak Pak Jokowi menjabat, Indeks Pembangunan Manusia meningkat di seluruh provinsi dan harga-harga terkendali,” ujar Uki.

Uki pun memberi saran, daripada menyerang BPS, Sandi lebih baik belajar cara membangun argumen politik berbasis data, yang merupakan salah satu karakteristik peradaban demokrasi modern. Karena data merupakan salah satu modal untuk rujukan beradu gagasan.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KH Ma'ruf Amin Inginkan Indonesia Mencapai Posisi Yang Lebih Tinggi Di Tahun 2024

KH Ma’ruf Amin Inginkan Indonesia Mencapai Posisi Yang Lebih Tinggi Di Tahun 2024

Jakarta – Calon wakil presiden pasangan Joko Widodo, Ma’ruf Amin baru-baru ini berharap agar Indonesia ...