Jakarta – Diketahui, Tim pencak silat asal Indonesia banyak mendulang prestasi dalam ajang Asian Games 2018. Raihan 14 medali emas yang diperoleh oleh para atlet pencak silat Indonesia dari berbagai kelas. Pencapaian tersebut mendapat apresiasi dari aktor laga Yayan Ruhiyan. Sebagai pesilat, Yayan mengaku bangga silat Indonesia bisa meraih banyak prestasi di ajang empat tahunan tersebut.

Yayan Ruihan Beri Apresiasi Atas Prestasi Tim Pencak Silat Indonesia Di Asian Games 2018

“Luar biasa, saya mengucapkan selamat kepada pendekar pencak silat yang menjadi duta pencak silat. Terima kasih atas semangat kalian. Saya yang menjadi bagian dari pencak silat sangat bangga,” ujar Yayan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Jumat, 31 Agustus 2018.

Pemeran Mahesa Birawa dalam film terbarunya Wiro Sableng ini berkomentar, keberhasilan para pesilat Indonesia bukan hanya menjadi catatan pribadi saja, melainkan juga mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Untuk ke depannya, Yayan yakin pencak silat bakal berkembang di negara-negara lain. Hal tersebut akan menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mempertahankan prestasi terbaiknya.

“Jadi kalian mengangkat nama Indonesia lewat hobi dan lewat seni bela diri kalian,” tutur pria berusia 49 tahun ini.

“Sebetulnya semakin hari semakin besar tantangannya, terutama dari luar. Mereka bisa saja kalah, tapi di satu sisi mereka akan berkembang. Ini tanggung jawab kita untuk mempertahankan prestasi.”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)