Jakarta – KPK meminta politikus Partai Demokrat Roy Suryo mengembalikan sejumlah aset negara yang masih belum dikembalikan saat ia menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

KPK Imbau Roy Suryo Segera Kembalikan Ribuan Barang Milik Kemenpora

Roy Suryo

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, sebaiknya Roy segera mengembalikan ribuan barang yang belum dikembalikan jika barang-barang tersebut merupakan barang milik negara (BMN).

“Kalau memang itu bisa dibuktikan bahwa itu adalah BMN, barang milik negara sudah pasti milik negara. Milik negara penghapusannya juga memenuhi syarat, ada syaratnya,” kata Saut di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

“Jadi daripada berkepanjangan sebaiknya dikembalikan dan kemudian dibuat sedetil-detilnya mana yang sebenarnya belum didaftar, mana yang sudah. barang milik negara itu kan harus ada invertarisasinya jangan-jangan juga belum didaftar,” tambah Saut.

Menurut Saut, KPK telah menerapkan fungsi pencegahan korupsi maupun gratifikasi terhadap pejabat negara melalui pelaporan LHKPN. Dia mengatakan, hal itu bertujuan agar pejabat mendapat barang yang sesuai dan patut didapatkan.

“Jadi kalau ada jumlah (barang) yang bisa berubah kemudian itu dari mana itu yang dipertanyakan,” jelas Saut.

Baca juga: Dituding Kaburkan Aset, Roy Suryo Bakal Layangkan Somasi kepada Kemenpora

Meski begitu, lanjut Saut, KPK perlu mempelajari lebih dulu terkait ribuan aset milik Kemenpora yang belum dikembalikan oleh Roy Suryo. KPK perlu mendalami jika ada penyelewengan yang dilakukan dalam kasus Roy tersebut.

“Kita harus pelajari dulu, kan ada tujuh bentuknya itu. Tujuh bentuk dari undang-undang tipikor mulai dari penyelewengan jabatan, terus gratifikasi, pemerasan, terus kemudian ada tujuh bentuk. Bentuk yang mana kita harus pelajari pelan-pelan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)