Home > Ragam Berita > Nasional > Survey Y-Publica : Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul Hampir 2 Kali Lipat Dari Prabowo-Sandi

Survey Y-Publica : Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul Hampir 2 Kali Lipat Dari Prabowo-Sandi

Jakarta – Berbagai lembaga survei mulai berlomba-lomba merilis hasil survei di lapangan terkait ajang konstestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang akan segera digelar mendatang.

Survey Y-Publica : Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Unggul Hampir 2 Kali Lipat Dari Prabowo-Sandi

Para kandidat calon di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019

Hasil survei yang paling banyak dirilis adalah tingkat elektabilitas para kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang sudah resmi terdaftar, yaitu pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Salah satu lembaga survei yang ikut merilis hasil survei tingkat elektabilitas para kandidat calon di lapangan adalah lembaga Y-Publica. Survei ini dilakukan pada 13-23 Agusutus 2018 yang dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling mewakili 34 Provinsi di Indonesia.

Dari survei tersebut diperoleh hasil pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih unggul dengan tingkat elektabilitas 52,7 persen, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 28,6 persen. Pasangan Jokowi-Ma’ruf juga unggul di beberapa lembaga survei yang lain.

Baca juga : Awas, Sederet Kabar Jelang Pilpres 2019 Ini Dipastikan Hoaks

“Elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf hampir dua kali lipat dari elektabilitas Prabowo- Sandi,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, dalam keterangan pers yang digelar di Jakarta Pusat, Senin (03/09/2018).

Lebih lanjut Rudi menjelaskan kinerja pemerintah saat ini yang masih dipimpin oleh Jokowi yang membuat tingginya tingkat elektabilitas sebagai petahana. Rudi menyebut sebanyak 72,9 persen publik mengaku puas atas kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla ,dan 27,1 persen mengatakan tidak puas.

“Untuk kategori gender, lebih banyak responden perempuan menyukai Jokowi-Ma’ruf (51,2 persen), sedangkan responden laki-laki di angka (50,5 persen),” jelas Rudi.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jokowi Umumkan Erick Thohir Sebagai Ketua Timses Jokowi - Ma’ruf Amin

Jokowi Umumkan Erick Thohir Sebagai Ketua Timses Jokowi – Ma’ruf Amin

Jakarta – Nama pengusaha Erick Thohir akhirnya disebutkan menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan bakal ...