Jakarta – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo disebut belum mengembalikan 3.226 aset milik negara saat ia menjabat di tahun 2013-2014 lalu. Politikus PDIP Ruhut Sitompul mengungkapkan presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata sudah pernah meminta Roy untuk mengembalikan barang-barang tersebut.

Ruhut Tegaskan SBY Pernah Imbau Roy Suryo Segera Serahkan Aset Negara

Ruhut Sitompul

Menurut Ruhut, permintaan ini disampaikan usai Roy Suryo selesai menjabat. “Pak SBY juga sudah ngomong keras ‘Roy cepat kembalikan itu’. Sebenernya kan sudah basi, tapi karena bacot dia sekarang, diungkit lagi. Rupanya yang sekian ribu belum dikembalikan, kan sedih. Kembalikanlah itu cepat. Pak SBY juga sudah minta,” kata Ruhut di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018).

Ruhut menjelaskan, fasilitas rumah dinas seorang menteri terdiri dari barang-barang yang bisa digunakan saat dia menjabat. Melihat tingkah Roy Suryo, Ruhut bahkan menyebutnya genit karena membawa aset negara saat sudah tak menjabat lagi sebagai menteri.

“Rumah dinas itu scope-nya lebih besar. Tinggal di (Jalan) Denpasar, rumah menteri yang deket Gatot Subroto itu kan masuk rumah dinas menteri segalanya kan ada, ya ngapain dibawa itu kan milik negara Roy ini emang genit ya,” ucapnya.

Ia meminta Roy Suryo segera mengembalikan barang-barang yang dibawanya, dan tak perlu menuding pengembalian aset dengan membawa unsur-unsur politik.

Baca juga: Zumi Zola : Saya Minta Anak Buah untuk Mendata PNS di Provinsi Jambi

“Katanya ini politik, janganlah kita kambing hitamkan politik. Selama kita lurus dan bersih memang bisa dipolitisir? Kembali ke jalan yang benar ya, kau sahabatku,” tutup Ruhut.

Sementara itu, Kemenpora sebelumnya mengirimkan surat kepada Roy Suryo agar mengembalikan lebih 3.226 aset negara yang dibawanya saat menjadi menteri pada pemerintahan SBY. Rupanya, ini bukan pertama kalinya Kemenpora menyurati Roy Suryo. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)