Jakarta – Kuasa hukum Roy Suryo, Tigor Simatupang, menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru memberikan imbauan agar mengembalikan barang jika masih ada. Namun, pihaknya memilih menunggu terlebih dahulu salinan daftar barang-barang apa saja yang ada.

Kuasa Hukum Roy Suryo : BPK Sedang Memeriksa Kemenpora

Roy Suryo

Dijelaskan Tigor, lebih baik dalam proses ini mengikuti prosedur yang berlaku. Hal yang perlu digarisbawahi, menurut Tigor, BPK memeriksa Kemenpora bukan Roy Suryo.

“KPK kan menyuruh mengembalikan barang kalau masih ada, itu pun kalau memang ada. Hal yang harus diperhatikan, BPK memeriksa Kemenpora bukan memeriksa Roy Suryo,” kata Tigor kepada wartawan di Kemenpora, Senin 10 September 2018.

Tigor menuturkan, proses kedatangannya ke Kemenpora dalam rangka menyampaikan surat klarifikasi terkait tudingan telah membawa 3.226 aset negara. Dalam surat tersebut juga akan disampaikan penjelasan soal tudingan mengambil barang milik negara itu.

Baca juga: JK Tegaskan BI Sudah Lakukan Beberapa Upaya untuk Memperkuat Nilai Rupiah

“Hari ini kami sudah berkirim surat. Terkait proses selanjutnya, kementerian sendiri yang menentukan. Kalau kementerian bilang cepat ya cepat, kalau lambat ya lambat. Tergantung list dari BPK,” ucapnya.

“Karena ini menyangkut barang-barang, jadi harus klarifikasi dulu barang-barangnya apa saja. Barang-barang yang mana, harus jelas,” kata dia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)