Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Tanggapan Dari MUI Jika Sandiaga Ingin Disebut Sebagai Ulama

Inilah Tanggapan Dari MUI Jika Sandiaga Ingin Disebut Sebagai Ulama

Jakarta – Hidayat Nur Wahid mengungkapkan alasan penyebutan Sandiaga Uno seorang ulama karena ilmunya di bidang ekonomi. Mengenai hal ini, Amirsyah Tambunan selaku Wasekjen MUI menuturkan bahwa ada tiga tahap yang harus dilalui untuk meloloskan pernyataan tersebut.

Inilah Tanggapan Dari MUI Jika Sandiaga Ingin Disebut Sebagai Ulama

Saat dihubungi kemarin, dirinya berkata bahwa “Kasus ini harus dilihat dari sisi akademis. Secara akademis, orang bisa disebut ulama setelah melalui tiga tahap, yaitu identifikasi, kualifikasi, dan uji kompotensi,”

Tahap identifikasi dilakukan untuk mengetahui latar belakang seseorang. Lalu, tahap kualifikasi ialah menilai apakah benar calon ulama ini mendalami ilmu tertentu secara spesifik dan mempunyai pengetahuan mendalam di bidang agama. Selanjutnya, tahap uji kompetensi ialah gong untuk membuktikannya.

Pria yang juga sibuk sebagai pengajar di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu berujar bahwa pihak yang berhak mengawal tiga tahap tersebut adalah perguruan tinggi dengan domain keagamaan.

“Konteks penyebutan ulama pada kasus Sandiaga Uno itu tercetus karena ia memiliki kompetisi, keilmuan, kepahaman yang mendalam, dan komprehensif di bidang ekonomi,” ujarnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dana Awal Kampanye PDIP Mencapai Rp 105,7 Miliar

Dana Awal Kampanye PDIP Mencapai Rp 105,7 Miliar

Jakarta – Hari minggu kemarin, PDI P telah menyerahkan laporkan awal dana kampanye (LADK) untuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135