Home > Ragam Berita > Internasional > Uskup di India Dituding Perkosa Biarawati

Uskup di India Dituding Perkosa Biarawati

New Delhi – Baru-baru ini kasus pelecehan seksual, termasuk pemerkosaan yang dilakukan oleh imam katolik mulai terbongkar di beberapa negara. Salah satunya di India. Tuduhan dugaan pemerkosaan itu menimpa seorang Uskup yang bernama Franco Mulakkal.

Uskup di India Dituding Perkosa Biarawati

Uskup Franco Mulakkal

Uskup Franco Mulakkal dituduh telah memperkosa seorang Biarawati Katolik yang identitasnya dirahasiakan itu. Selain itu, Uskup Franco Mulakkal juga dituduh telah melakukan pelecehan seksual dari 2014-2016.

Akibatnya, Uskup Franco Mulakkal terpaksa menjalani pemeriksaan selama tiga hari oleh pihak kepolisian setempat. Uskup yang bertugas di Jalandhar, utara India itu ditahan pada Jumat (21/09/2018) kemarin setelah menjalani pemeriksaan polisi di Kota kochi.

Awalnya biarawati itu sudah mengadukan masalah itu kepada otoritas gereja. Namun sayangnya laporannya itu tidak ada tanggapan sesuai yang diharapkan. Akhirnya biarawati itu mengadu ke perwakilan Vatikan di New Delhi pada awal bulan September lalu.

Baca juga : PM India Rilis Kebijakan Kesehatan Nasional PMJAY

Dalam laporannya, biarawati itu mengatakan bahwasanya Franco Mulakkal telah menggunakan uang dan kekuasaan politik untuk menyembunyikan kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh dirinya.

Akhirnya Vatikan mencopot Franco Mulakkal sementara waktu dari jabatannya sebagai uskup di Jalandhar pada hari Kamis (20/09/2018) kemarin.

Dilansir dari Reuters, Selasa (25/09/2018), pencopotan itu diminta sendiri oleh Mulakkal lantaran gelombang protes yang ditujukan kepada dirinya semakin membesar. Dalam aksi unjuk rasa itu, para pelajar, biarawati, dan pengacara meminta agar pelaku dijatuhi hukuman.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahathir Mohamad Layangkan Kritik kepada Donald Trump

Mahathir Mohamad Layangkan Kritik kepada Donald Trump

Kuala Lumpur – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengkritik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135