Home > Ragam Berita > Internasional > Ganja Bakal Dilegalkan Pemerintah Malaysia, Inilah Alasannya

Ganja Bakal Dilegalkan Pemerintah Malaysia, Inilah Alasannya

Kuala Lumpur – Malaysia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melegalkan ganja. Meski demikian, pelegalan ganja dilakukan untuk pengobatan saja.

Ganja Bakal Dilegalkan Pemerintah Malaysia, Inilah Alasannya

ilustrasi

Pemerintah telah memulai pembicaraan informal untuk mempertimbangkan pelegalan ganja pekan lalu. Pembahasan mengenai perubahan hukum terhadap para pengguna ganja untuk pengobatan.

Menteri Air, Tanah dan Sumber Daya Alam Xavier Jayakumar mengatakan Kabinet telah berbicara secara singkat mengenai hal tersebut. “Ini sudah dilakukan di negara-negara tertentu di Amerika. Ganja bisa digunakan untuk tujuan baik, untuk pengobatan,” tukasnya sebagaimana diberitakan Asian Correspondent pada Rabu (26/9/2018).

“Tujuannya harus jelas, untuk pengobatan dan tentunya harus ada izin untuk menggunakannya,” imbuhnya.

Perdebatan publik Malaysia mengenai narkoba pecah ketika hukuman mati dijatuhkan kepada Muhammad Lukman, 29. Pria tersebut tertangkap mendistribusikan minyak ganja yang digunakan untuk penyembuhan pasien kanker.

Baca juga: Jepang Sedang Lakukan Pengembangan Bom Luncur Supersonik

Berdasarkan Undang-Undang Obat Berbahaya Malaysia tahun 1952, orang-orang yang memiliki lebih dari 200 gram ganja dapat dituntut dengan perdagangan narkoba. Mereka wajib dihukum mati.

“Pandangan pribadi saya sendiri, jika memang memiliki nilai untuk pengobatan, maka bisa menjadi barang yang dapat dikendalikan Kementerian Kesehatan. Namun, penggunaannya harus memakai resep,” pungkas Xavier. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dicurigai Lakukan Terrorisme, Tujuh Pria Diciduk kepolisian Belanda

Dicurigai Lakukan Terrorisme, Tujuh Pria Diciduk kepolisian Belanda

Kepolisian Belanda menangkap tujuh orang yang dicurigai hendak melakukan tindak terorisme pada sebuah acara publik. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135