Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Tegaskan Sudah Bayar Dana Pengelolahan Sampah ke Pemkot Bekasi

Anies Tegaskan Sudah Bayar Dana Pengelolahan Sampah ke Pemkot Bekasi

Jakata – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan sudah membayar uang pengolahan sampah ke Pemkot Bekasi sebesar Rp 194 miliar di tahun 2018. Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari menjelaskan, dana Rp 194 miliar tersebut terdiri dari beberapa bagian pembayaran.

Anies Tegaskan Sudah Bayar Dana Pengelolahan Sampah ke Pemkot Bekasi

“Iya terdiri dari empat item. Kompensasi bau disebutnya uang bantuan langsung tunai. Jadi gini, bantuan keuangan yang bersifat wajib akibat dampak TPST Bantar Gebang itu namanya community development,” kata Premi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, (19/10/2018).

“Community development itu ada 4 bagian, pemulihan, penanggulangan, pelayanan kesehatan, dan bantuan langsung tunai. Bantuan langsung tunai itu yang Rp 70 miliar,” tambahnya.

Premi menjelaskan untuk bantuan langsung tunai, Pemprov DKI mengalokasikan Rp 70 miliar dari total dana yang diberikan yaitu Rp 194 miliar. Sementara sisa dana Rp 124 miliar diwujudkan dalam bentuk lainnya yang mendukung di community development.

Premi mengungkapkan, Pemprov DKI menerima masukan dari Pemkot Bekasi terkait program pengolahan sampah. Seperti yang pernah diajukan Pemkot Bekasi pada bulan Mei 2018. Namun menurut premi usulan di bulan Mei masih belum lengkap.

“Nah, kemarin tanggal 15 (Oktober) Pemkot Bekasi baru menyampaikan usulan yang sudah diperbaiki. Jadi dari Mei itu baru di follow up Oktober,” ujar Premi.

Baca juga: Sofyan Djalil : 84,6 Ha Lahan Meikata yang Sudah Memiliki Izin

Premi menjelaskan, setiap dana hibah yang diberikan setiap tahunnya selalu sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak. Premi menuturkan, setiap tahun dana yang diberikan jumlahnya belum tentu sama.

“(Tahun lalu) Rp 136 miliar. Kan hitungannya hitungan ton sampah. Artinya kita coba menjalin komunikasi yanh baik dengan Pemkot Bekasi. Makanya atas porposal keuangan yang diajukan Bekasi per-15 Oktober kami akan merapatkan,” tutur Premi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PKS Pertanyakan Klaim Bahwa Ahok Lebih Baik Dari Anies Soal Sampah

PKS Pertanyakan Klaim Bahwa Ahok Lebih Baik Dari Anies Soal Sampah

Jakarta – Fraksi PKS DKI Jakarta kali ini mempertanyakan maksud Wakil Wali Kota Bekasi, Tri ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135