Motegi – Pembalap gaek, Valentino Rossi, terang-terangan menyebut kalau tim Suzuki Ecstar saat ini punya motor yang lebih bagus dari Movistar Yamaha. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan Alex Rins menapaki podium ketiga di MotoGP Jepang 2018.

Rossi Nilai Motor Suzuki Memiliki Kualitas Lebih Bagus

Valentino Rossi sebenarnya berhasil mengulangi pencapaiannya di MotoGP Thailand, yakni finis urutan tempat. Namun, posisi itu diraih The Doctor karena kecelakaan yang dialami oleh Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Menurut pembalap berusia 39 tahun itu, hasil balapan di Sirkuit Motegi mencerminkan ada di level mana motor YZR M-1 andalan Yamaha. Rossi berani menyebut kalau motor GSX-RR milik Suzuki terlihat jauh lebih bagus daripada motornya.

“Saya pikir kami bekerja dengan baik dan saya merasa cukup baik dengan motor sehingga mulai optimis untuk bertarung mendapatkan podium. Sayangnya, duo pembalap Suzuki dan (Cal) Crutchlow ternyata lebih cepat,” ujar Valentino Rossi sebagaimana diberitakan Motorsport pada Kamis (25/10/2018).

“Suzuki melakukan langkah yang lebih bagus dibandingkan tahun lalu karena mereka bekerja dengan cara yang benar. Mereka sangat kuat. Jika Iannone tidak terjatuh, dia tentu akan finis di depan saya. Mereka bertarung untuk podium, mereka lebih kuat,” imbuh pembalap asal Italia itu.

Pernyataan tersebut patut dicermati oleh teknisi Yamaha. Sebab, Alex Rins finis dengan selisih cukup jauh dari Valentino Rossi, yakni 4,6 detik. (Tita Yanuantari – harianindo.com)