Jakarta – Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang banyak dipilih karena faktor kecepatan dan keamanan. Namun demikian, pesawat terbang juga memiliki risiko kecelakaan.

Ini Dia Daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia

Situs AirlinesRatings.com setiap tahunnya merilis daftar sejumlah maskapai penerbangan yang memiliki catatan teraman di dunia.

Menurut pimpinan Airlines Ratings, Geoffrey Thomas, pihaknya menyusun daftar tersebut dari 409 maskapai penerbangan berdasarkan penilaian yang sangat ketat dari sejumlah faktor, seperti umur rata-rata mesin pesawat yang digunakan, minimnya angka kecelakaan, serta ada tidaknya audit dari pemerintah dan badan penerbangan negara setempat.

“Maskapai-maskapai yang ada dalam daftar ini adalah mereka yang selalu mengedepankan inovasi dan langkah operasional terkait keamanan,” ujar Thomas, seperti yang dikutip dari Telegraph, Selasa (30/10/2018).

Untuk tahun 2018 ini, maskapai Qantas menempati posisi teratas dengan faktor keamanan paling tinggi.

“Maskapai-maskapai tua, seperti Hawaiian dan Finnair, juga memiliki rekam jejak yang bagus selama kurun waktu tersebut,” tuturnya.

Selain Airlines Ratings, asosiasi Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre dari Jerman juga selalu merilis hal yang sama, dengan hasil yang tidak jauh berbeda dengan yang didapatkan Airlines Ratings.

Berikut ini 20 daftar maskapai penerbangan teraman di dunia versi Airline Rating 2018 (berdasarkan urutan alphabet):

1. Air New Zealand
2. Alaska Airlines
3. All Nippon Airways
4. British Airways
5. Cathay Pacific Airways
6. Emirates
7. Etihad Airways
8. EVA Air
9. Finnair
10. Hawaiian Airlines
11. Japan Airlines
12. KLM
13. Lufthansa
14. Qantas
15. Royal Jordanian Airlines
16. Scandinavian Airline System
17. Singapore Airlines
18. Swiss
19. Virgin Atlantic
20. Virgin Australia
(samsularifin – www.harianindo.com)