Karawang – Selain menemukan FDR, Tim SAR juga berhasil menemukan badan pesawat Lion Air di dasar perairan Ujung Karawang, Jawa Barat. Bagian badan pesawat yang ditemukan lebih besar dibanding serpihan yang selama ini dikumpulkan.

Tim SAR Berhasil Temukan Bagian Badan Lion Air di Dasar Perairan Ujung Karawang

“Kita juga menemukan bagian pesawat yang lebih besar dari yang sebelum-sebelumnya itu kelihatanya bagian body mungkin kulitnya mungkin begitu. Itu panjang body 1,5 meter, lebar setengah meter,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi di Kapal Baruna Jaya, Kamis (1/11/2018).

Syaugi mengungkapkan, sebenarnya ada bagian yang lebih besar lagi yang sudah ditemukan oleh tim SAR. Namun, belum bisa diangkat karena cukup besar.

“Sebetulnya ada barang yang lebih besar lagi cuman kita belum bisa angkat karena cukup berat. Mudah-mudahan setelah ini kita tetap serius untuk melakukan evakuasi dan pencarian bagian black box yang lain,” jelas dia.

Sampai saat ini, seluruh kekuatan tim SAR yang berada di Ujung Karawang masih terus berupaya mencari badan Lion Air dan CVR yang belum ditemukan. Tim penyelam maupun alat-alat yang ada terus dikerahkan untuk mengetahui lokasi pasti badan pesawat.

“4 jangkar yang bisa stay setelah itu kita turunkan ROV, penyelam. Penyelam pun bisa dikasi tanda sehingga bisa diarahkan apabila melihat katakan barang yang besar. Penyelam bisa diarahkan ke tempat tersebut karena sampai sekarang pun itu arus cukup deras di bawah penyelam kita agak kesulitan,” ucap dia. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)