Washington – Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok akan mengadakan pembicaraan diplomatik dan keamanan tingkat tinggi terkait ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan dan Selat Taiwan.

AS Lakukan Pembicaraan dengan Tiongkok Terkait Sengketa Laut China Selatan

Dialog akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Menteri Pertahanan AS James Mattis. Sementara dari Tiongkok akan hadir Direktur Kantor Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi dan Menteri Pertahanan Nasional Wei Fenghe.

Sebagaimana diberitakan South China Morning Post pada Rabu (7/11/2018), awalnya dialog akan dilaksanakan pada September lau. Namun, dibatalkan sepihak oleh Beijing karena Washington menjatuhkan sanksi terkait pembelian sistem senjata Rusia.

Baca juga: Turki : Sanksi AS kepada Iran Bakal Menjadi Sesuatu yang Berbahaya

Kedua negara berkomitmen bersedia untuk mengurangi keterangan di perairan internasional tersebut. Dalam dua bulan terakhir, militer AS telah menerbangkan pesawat pengebom B-52 dan melakukan operasi kebebasan navigasi di sekitar Laut China Selatan.

Selain itu, kapal perang AS juga berlayar melalui Selat Taiwan sebagai wujud dukungannya untuk wilayah yang ingin berpisah dengan Tiongkok tersebut. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)