Home > Ragam Berita > Nasional > Lukman Hakim Berikan Penjelasan Terkait Kesepakatan Bendera Tauhid

Lukman Hakim Berikan Penjelasan Terkait Kesepakatan Bendera Tauhid

Jakarta – Beredar viral di media sosial adanya kesepakatan pada pertemuan antara pemerintah dengan sejumlah tokoh umat Islam di Kemenko Polhukam, bahwa bendera tauhid bukan bendera terlarang.

Lukman Hakim Berikan Penjelasan Terkait Kesepakatan Bendera TauhidLukman Hakim Berikan Penjelasan Terkait Kesepakatan Bendera TauhidLukman Hakim Berikan Penjelasan Terkait Kesepakatan Bendera Tauhid

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin

Pertemuan ini yang diadakan pada Jumat (9/11/2018) dihadiri Menko Polhukam Wiranto, Menag Lukman Hakim Saifuddin, serta perwakilan PBNU, MUI, FPI, dan sejumlah ormas Islam lainnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan tidak ada kesepakatan tentang apa itu ‘bendera tauhid’. Ia menegaskan bahwa yang disepakati dalam pertemuan itu adalah semua pihak memuliakan ‘kalimat tauhid’.

“Secara eksplisit menyatakan bahwa persoalan saat ini adalah bagaimana cara memuliakan kalimat tauhid tersebut. Sebab, seiring kebebasan berekspresi, orang melakukan bermacam-macam tindakan dengan menggunakan tulisan ‘kalimat tauhid’. Ini tentu domain ulama untuk memberikan arahannya,” ujarnya pada Minggu (11/11/2018).

Baca juga: PSI Tegaskan Bakal Tolak Penerbitan Perda Agama

Menurut Menag, banyak pertanyaan muncul di masyarakat. Bolehkah kalimat tauhid dipasang di jaket, kaos, topi, stiker, bendera, dan lainnya yang saat digunakan justru berpotensi terhinakan karena dikenakan tidak pada tempatnya.

Menag menilai hal itu menjadi domain para ulama, pimpinan MUI, dan tokoh ormas Islam untuk merumuskan ketentuannya. “Ketentuan tersebut diperlukan agar didapat cara pandang yang sama di kalangan umat dalam memuliakan kalimat tauhid,” jelasnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Boediono Berikan Keterangan Terkait Kasus Century di KPK

Boediono Berikan Keterangan Terkait Kasus Century di KPK

Jakarta – Mantan Wakil Presiden RI, Boediono, memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kasus korupsi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135