Jakarta – LSI kembali beberkan survey teranyar dimana hasilnya menyebut Amien Rais banyak dikenal oleh masyarakat. Namun suara Amien tidak bisa mempengaruhi suara pemilih di Pilpres 2019.

Survey LSI : "Yang Menyatakan Mendengar Imbauan Amien Rais Hanya 9,4 Persen"

Ikrama Masloman selaku salah satu peneliti LSI menuturkan kemarin bahwa “Amien Rais adalah salah satu tokoh agama yang paling sering muncul ke publik dengan berbagai aksi dan komentarnya. Secara popularitas, Amien Rais adalah tokoh agama yang paling dikenal. Mereka yang mengaku mengenal Amien sebesar 83,1 persen, namun dari angka tersebut, hanya 57,2 persen yang menyatakan suka dengan sosok Amien,”

“Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 9,4 persen. Popularitas Amien yang tinggi memang tidak sebanding dengan kekuatan pengaruhnya saat ini,” ucapnya.

Kemudian dalam survei tersebut, ketika dilihat dari segmen pemilih Nahdlatul Ulama (NU), pengaruh Amien Rais lebih kecil. Muslim NU yang mengaku mendengarkan imbauan Amien hanya 6,3 persen suara.

“Segmen muslim NU adalah segmen terbesar pemilih muslim jika dilihat dari afiliasi organisasi keagamaannya. Di muslim NU, mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 6,3 persen. Sementara untuk yang menyatakan tidak mendengarkan imbauan Amien sebesar 81,8 persen,” jelasnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)