Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Survei BIN Mengungkap 41 Masjid di Lingkungan Pemerintahan Terpapar Radikalisme

Hasil Survei BIN Mengungkap 41 Masjid di Lingkungan Pemerintahan Terpapar Radikalisme

Jakarta – Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkapkan fakta bahwa 41 masjid yang berada di lingkungan pemerintahan, seperti kementerian, lembaga, dan BUMN, telah terpapar dengan paham radikalisme.

Hasil Survei BIN Mengungkap 41 Masjid di Lingkungan Pemerintahan Terpapar Radikalisme

“Hasil survei terhadap kegiatan khotbah yang disampaikan beberapa penceramah. Survei dilakukan oleh P3M NU yang hasilnya disampaikan kepada BIN sebagai early warning dan ditindaklanjuti dengan pendalaman dan penelitian lanjutan oleh BIN,” kata Jubir Kepala BIN Wawan Hari Purwanto.

Karena itu Wawan meminta agar keberadaan masjid di sejumlah instansi pemerintahan perlu dijaga agar tidak menjadi tempat berkembangnya paham radikalisme.

“Keberadaan masjid di Kementerian/Lembaga dan BUMN perlu dijaga agar penyebaran ujaran kebencian terhadap kalangan tertentu melalui ceramah-ceramah agama tidak mempengaruhi masyarakat dan mendegradasi Islam sebagai agama yang menghormati setiap golongan,” ujar Wawan.

“Hal tersebut adalah upaya BIN untuk memberikan early warning dalam rangka meningkatkan kewaspadaan, tetap menjaga sikap toleran dan menghargai kebhinekaan,” jelasnya.

Wawan juga mengungkapkan adanya 7 Perguruan Tinggi Negeri dan 39 persen mahasiswa terpapar radikalisme.

“Terkait tujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terpapar radikalisme, dan 39 persen mahasiswa di 15 Provinsi tertarik dengan paham radikal, benar adanya,” ujar Wawan.

“Namun data PTN dimaksud hanya disampaikan kepada Pimpinan Universitas tersebut untuk evaluasi, deteksi dini dan cegah dini, tidak untuk konsumsi publik, guna menghindari hal-hal yang merugikan universitas tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, soal 41 masjid terpapar radikalisme juga pernah disampaikan oleh Kasubdit di Direktorat 83 BIN Arief Tugiman dalam diskusi Peran Ormas Islam dalam NKRI di Kantor Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Jakarta, Sabtu (17/11/2018).
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Alami Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Ini Tidak Bisa Mendarat Di Jayapura

Alami Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Ini Tidak Bisa Mendarat Di Jayapura

Jakarta – Baru-baru ini, Pilot Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0794 dari Jakarta ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135