Home > Ragam Berita > Nasional > Pernyataan Prabowo Soal Pemindahan Kedubes Australia ke Israel Dianggap Melukai Perjuangan Rakyat Palestina

Pernyataan Prabowo Soal Pemindahan Kedubes Australia ke Israel Dianggap Melukai Perjuangan Rakyat Palestina

Jakarta – Pernyataan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, yang menghormati pemindahan Kedutaan Besar Australia dari Tel Aviv ke Yerusalem dinilai bisa mengganggu hubungan bilateral antara Indonesia dengan Palestina.

Pernyataan Prabowo Soal Pemindahan Kedubes Australia ke Israel Dianggap Melukai Perjuangan Rakyat Palestina

“Pernyataan Pak Prabowo (soal pemindahan Kedubes Australia) bertolak belakang dengan semangat konstitusi kita,” ucap jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Meutya Hafid, Jumat (23/11/2018).

Menurut Meutya, dengan memindah Kedubes-nya ke Yerusalem itu berarti Australia mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Ini sama dengan mendukung Penjajahan Israel atas Palestina. Indonesia sepatutnya memprotes rencana tersebut, oleh negara manapun termasuk Australia,” kata Meutya.

“Pernyataan Prabowo berpotensi melukai hubungan baik Indonesia dengan Palestina. Terlepas dari itu, pernyataan Pak Prabowo berpotensi melukai perjuangan bangsa Palestina, juga perjuangan masyarakat di Indonesia yang selama ini berjuang untuk saudara saudara kita di Palestina,” tambahnya.

Meutya juga mengingatkan, pemindahan Kedubes Australia sama dengan melanggar resolusi PBB yang telah menetapkan bahwa Yerusalem di bawah naungan PBB.

“Jika betul rencana pemindahan kedutaan ke Yerusalem, Australia berpotensi melanggar sejumlah resolusi PBB yang telah menetapkan bahwa Yerusalem di bawah naungan PBB,” ujar Meutya.

Sebelumnya, di depan Indonesia Economic Forum 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11/2018), Prabowo mengatakan bahwa Indonesia memiliki sikap sendiri terkait Yerusalem, namun ia menghormati keputusan Australia untuk memindahkan Kedubesnya ke Yerusalem.

“Untuk pemindahan kedutaan, saya belum membaca soal keputusan Australia memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Kita sebagai pendukung Palestina, kita tentu punya pendapat sendiri, tapi Australia juga merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus menghormati kedaulatan mereka,” kata Prabowo.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Politisi PSI Polisikan Puluhan Akun Sosned Usai Dituding Sebagai Anak Pentolan PKI

Politisi PSI Polisikan Puluhan Akun Sosmed Usai Dituding Sebagai Anak Pentolan PKI

Jakarta – Muannas Alaidid selaku salah satu Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terlihat memasuki kantor ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135