Home > Ragam Berita > Internasional > Paus Tegaskan Imam dan Biarawati LGBT Harus Keluar dari Pelayanannya

Paus Tegaskan Imam dan Biarawati LGBT Harus Keluar dari Pelayanannya

Vatikan – Paus Fransiskus menegaskan imam dan biarawati LGBT tidak diterima di gereja dan untuk itu mereka harus keluar dari pelayanannya. Pemimpin umat Katolik sedunia ini juga kembali menegaskan tentang kewajiban selibat untuk semua imam dan biarawati.

Paus Tegaskan Imam dan Biarawati LGBT Harus Keluar dari Pelayanannya

Paus Fransiskus

Penegasan Paus Fransiskus itu disampaikan dalam buku barunya yang akan terbit pekan ini dalam beberapa bahasa sebagaimana diberitakan Reuters pada Minggu (2/12/2018).

Dalam wawancara dengan imam Spanyol Fernando Prado tentang buku barunya itu, Paus Fransiskus menjelaskan tentang kekuatan panggilan, menjadi seorang imam atau biarawati pada saat ini.

Paus mengatakan dalam buku itu bahwa homoseksualitas di Gereja adalah sesuatu yang membuat dirinya khawatir.

“Pertanyaan tentang homoseksualitas adalah masalah yang sangat serius, orang-orang yang dipercaya dengan orang-orang yang dilatih untuk menjadi imam harus yakin bahwa para calon imam adalah orang yang telah dewasa dan matang secara emosional sebelum mereka dapat ditahbiskan,” kata Paus Fransiskus.

Hal ini juga berlaku untuk wanita yang ingin menjadi biarawati. Di Gereja Katolik, para imam dan biarawan semuanya mengucapkan sumpah selibat. Gereja mengajarkan kecenderungan homoseksual tidak berdosa untuk dirinya sendiri, tetapi sbealiknya mengenai tindakan homoseksual.

Baca juga: Serangan Drone AS Tewaskan Komandan Senior Taliban

Paus mengatakan tidak ada ruang untuk LGBT dalam kehidupan para imam dan biarawati. Sehingga dia mendesak kaum homoseksual yang sudah menjadi imam atau biarawati untuk hidup selibat dan bertanggung jawab menghindari skandal.

Sebelumnya, mantan Duta besar Vatikan untuk Amerika Serikat Carlo Maria Vigano pada 26 Agustus lalu mengungkapkan kepada Paus dan pejabat Vatikan tentang jaringan homoseksual atau LGBT di dalam Vatikan yang anggotanya membantu mempromosikan karier mereka di Gereja. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Markas Teroris Bom Paskah Diserbu Militer Sri Lanka

Markas Teroris Bom Paskah Diserbu Militer Sri Lanka

Kolombo – Militer Sri Lanka menyerbu markas kelompok National Towheed Jamaát (NTJ) di daerah sekitar ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135