Mojokerto – Sekarung batok kelapa yang biasa dianggap sebagai sampah pasar ini rupanya dapat diubah menjadi sebuah nilai seni yang bernilai cukup tinggi. Batok kelapa yang dikumpulkan dapat menjadi beberapa kerajinan tangan yang cantik dan unik.

Pria di Mojokerto Ubah Batok Kelapa Jadi Kerajinan Berkelas

Ilustrasi batok kelapa

Seorang pemuda asal Mojokerto yang akrab disapa Danil ini mampu mengubah sampah batok kelapa menjadi sebuah kerajinan yang memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Bahkan Danil mampu mengubah batok kelapa menjadi sebuah miniatur helikopter yang indah.

Awalnya ia memilih pecahan batok kelapa yang ukurannya sesuai dengan miniatur helikopter yang akan dibuatnya. Tempurung kelapa itu lantas dibersihkan permukaannya dengan alat khusus. Ia kemudian menggambar pola pada permukaan batok tersebut.

Dengan cekatan, anak pertama dari dua bersaudara pasangan Solik (65) dan Sri Wahyuni (56) ini memotongnya sesuai dengan pola yang sudah dibuatnya. Danil lantas merakit potongan batok kelapa menjadi bentuk tiga dimensi sebuah helikopter.

Baca juga : KSPI Minta UMP 2019 Naik 20% – 25%

Tak lama kemudian Danil merangkai setiap potongan batok kelapa menggunakan lem. Di proses akhir, miniatur helikopter itu diwarnai dengan pernis sehingga nampak warna alaminya dan mengkilat.

“Saya memulai bisnis ini tahun 2011, saat itu saya mengamati batok kelapa di rumah saya. Lalu saya browsing kegunaannya di internet. Ternyata banyak dipakai untuk kerajinan, seperti lampu hias, itu kan sudah banyak. Saya membuat kerajinan yang lain,” kata Danil saat ditemui di bengkelnya, Senin (10/12/2018).

Miniatur helikopter dengan panjang 20cm dapat dijual oleh Danil seharga Rp 200 ribu. Sedangkan miniatur paling murah adalah miniatur skateboard yang dipatok seharga Rp 12 ribu. Harga yang dipatok disesuaikan dengan tingkat kerumitan pengerjaannya.

“Kalau aksesoris harganya mulai Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu, tergantung teknik pembuatan dan polanya. Ada yang susah pengerjaannya,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)