Home > Ragam Berita > Internasional > PLA Cina Segera Miliki Kapal Pemburu Generasi Terbaru

PLA Cina Segera Miliki Kapal Pemburu Generasi Terbaru

Beijing – Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLA) segera memiliki kapal pemburu generasi terbaru berbobot mati 10 ribu ton buatan dalam negeri. Kapal itu berhasil menjalani uji laju berkecepatan tinggi.

PLA Cina Segera Miliki Kapal Pemburu Generasi Terbaru

Stasiun televisi resmi Cina CCTV melaporkan foto uji kecepatan tinggi kapal perang tipe 055 tersebut, namun tidak disebutkan lokasi perairannya. Wang Yunfei, seorang pengamat dan mantan pejabat AL PLA, mengatakan tujuan uji coba di perairan tersebut untuk mengetahui kemampuan kapal tersebut melaju dalam kecepatan tinggi dan dalam melakukan koordinasi antarsistem.

“Sebelumnya, kapal tipe 055 itu telah menjalani uji laju berkecepatan rendah, namun dengan kecepatan tinggi maka uji coba ini bisa dipercaya,” ujarnya sebagaimana diberitakan Global Times pada Kamis (20/12/2018).

Setelah menjalani uji laju pada Agustus lalu, kapal 055 telah beberapa kali melakukan pelayaran. Angkatan Laut PLA segera mendinaskan kapal perusak bersenjatakan rudal tersebut.

Setelah selesai menjalani serangkaian uji layar, kapal itu masih harus melakukan serangkaian uji coba sistem komando persenjataan. Menurut dia, proses itu membutuhkan waktu sekitar setengah tahun.

Selanjutnya, Cina akan memiliki empat unit kapal 055. Dua unit disiagakan di Pelabuhan Dalian, Provinsi Liaoning (wilayah timur laut Cina yang berbatasan dengan Korut dan Korsel). Sedangkan dua lainnya di Shanghai, pesisir Laut Cina Timur.

Baca juga: Warga Korsel Minta Kompensasi Pemerintah Atas Kerja Paksa yang Dilakukan

Dengan mempertimbangkan kebutuhan enam unit kapal induk dan kapal multiserang amfibi, maka Cina sedang berupaya memiliki sedikitnya 10 unit kapal 055 agar bisa membentuk gugus perang sekaligus pengawalan. Kapal tipe 055 yang panjangnya 180 meter dan lebar 20 meter itu dilengkapi dengan 112 baterai peluncur rudal vertikal. Peluncur rudal mampu melontarkan rudal ke udara dalam segala situasi dan bentuk, seperti rudal udara, rudal antikapal penjelajah, rudal serangan darat, dan rudal antikapal selam. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah Prancis Dikabarkan Naikkan Gaji Polisi

Pemerintah Prancis Dikabarkan Naikkan Gaji Polisi

Paris – Pemerintah Prancis mengatakan bakal menaikan gaji kepada petugas kepolisian, menyusul terjadinya aksi unjuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135