Jakarta – Presiden Joko Widodo memutuskan untuk langsung berkunjung ke Puskesmas Labuan hari ini. Jokowi sempat berbincang ringan dengan korban dan keluarga korban tsunami Selat Sunda yang terjadi Sabtu malam lalu.

Hari Ini Presiden Kunjungi Wilayah Terdampak Tsunami

Usai menemui korban bencana, Jokowi langsung bertolak ke posko penanggulangan bencana milik Kementerian Sosial, di Lapangan Futsal Rancateureup, Labuan. Dalam perjalanannya kali ini ditemani Menteri Sosial Agus Gumiwang.

Presiden Jokowi terlebih dulu mendengar penjelasan peta wilayah dampak tsunami. Penjelasan diberikan di halaman kantor kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tsunami di Selat Sunda menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan Sabtu malam, 22 Desember 2018. Hingga pukul 07.00 WIB, 281 orang tercatat meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi.

Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak. Korban dan kerusakan ini terdapat di 5 kabupaten terdampak, yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)