Jakarta – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan bila hujan akan mengguyur Gunung Anak Krakatau.

BMKG Terus Lakukan Pemantauan Gunung Anak Krakatau BMKG Terus Lakukan Pemantauan Gunung Anak Krakatau

“Besok (hari ini), Besok, wilayah tersebut diguyur hujan sedang hingga lebat dari pagi hingga sore hari dan pada malam hingga dini hari umumnya berawan dan hujan ringan,” kata Dwikorita di kantor BMKG, Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Oleh karenanya, BMKG terus melakukan pemantauan lantaran khawatir hujan dapat menimbulkan longsor di area Gunung Anak Krakatau dan berpotensi kembali terjadi tsunami.

“Yang dikhawatirkan itu saat hujan lebat tadi karena kondisi kawah masih terus diguncang-guncang dikhawatirkan tebing atau dinding kawah makin rapuh apalagi diguyur hujan,” bebernya.

“Kondisi tersebut dapat sewaktu-waktu berpotensi mengakibatkan longsor kembali tebing kawah Gunung Anak Krakatau ke laut,” tambah dia.

Baca juga: Uskup Agung: Sejarah Indonesia Bisa Menjadi Pemersatu Bangsa

Selain itu Dwikorita menyatakan, bila angin di sekitar Gunung Anak Krakatau relatif menurun dibandingkan dengan hari sebelumnya. Namun ombak di sekitar diprediksi akan tinggi.

“Diperkirakan kecepatan angin maksimal 20-25 km/j. Ketinggian gelombang laut di sekitar Gunung Anak Krakatau diperkirakan 0,75 – 1,5 meter malam ini,” pungkasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)