Home > Ragam Berita > Nasional > BMKG Akui Dapat Kendala untuk Pantau Dinding Kawah Gunung Anak Krakatau

BMKG Akui Dapat Kendala untuk Pantau Dinding Kawah Gunung Anak Krakatau

Jakarta – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengutarakan bila hingga saat ini pihaknya belum bisa melihat secara rinci terkait kondisi tebing dan dinding kawah dari Gunung Anak Krakatau usai mengalami longsor.

BMKG Akui Dapat Kendala untuk Pantau Dinding Kawah Gunung Anak Krakatau

Dwikorita menyatak, beberapa hari lalu dirinya bersama petugas BMKG dan TNI menaiki pesawat untuk memantau Gunung Anak Krakatau, tapi belum bisa mendekat.

“Kami sudah dua kali terbang mendekat ke arah Gunung Anak Krakatau, dalam rangka mengecek langsung tebing kawah sampai saat ini belum bisa kami dekati,” papar Dwikorita di kantornya, Rabu (26/12/2018).

Namun, sambung dia, dalam dua kali ini kami hampir sampai. Tetapi selalu dihalangi oleh awan tebal di sekiar Gunung Anak Krakatau.

“Dan hari pertama kami sudah kena kaca pesawat kena partikel abu, sehingga kami bersmaa TNI menyatakan bahwa ini dapat membahayakan mesin pesawat, harus segera kembali,” jelas dia.

Baca juga: KPK Periksa 3 Direktur PLN Terkait Kasus PLTU Riau-1

Selain itu, faktor cuaca juga yang membuat pihak BMKG kesulitan ke lokasi. Seperti angin kencang yang membawa arah sebaran abu dari Gunung Anak Krakatau.

“Arah sebaran abunya itu akan terdeteksi dengan dipengaruhi arah angin,” pungkasnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pengeroyokan Anggota Brimob di Depok

Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pengeroyokan Anggota Brimob di Depok

Depok – Satuan Reskrim Polresta Depok menangkap 13 anggota ormas yang diduga melakukan pengeroyokan terhadap ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135