Jakarta – Kedatangan Sandiaga Uno ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong, Pasir Putih Cilamaya Karawang disambut oleh sejumlah nelayan yang curhat kepada Sandiaga terkait pemberdayaan nelayan.

Nelayan di Karawang Mengadu Ke Sandiaga Tidak Pernah Mendapat Bantuan Modal

Anas selaku salah satu nelayan mengaku bahwa nelayan di Karangsong tidak pernah mendapatkan bantuan, baik alat menangkap ikan maupun permodalan selama tiga tahun terakhir. Oleh karenanya, perlu ada pemberdayaan bagi nelayan yang penghasilannya tidak menentu dan bergantung pada musim.

“Kami tidak penah mendapatkan bantuan selama tiga tahun ini. Baik alat-alat penangkapan ikan seperti jaring atau permodalan. Kami harap jika bapak terpilih bisa memperbaiki nasib nelayan di Pasir Putih ini,” kata Anas.

“Ini hutan mangrove, masyarakat cari sendiri, beli sendiri, nanam sendiri. Tidak ada bantuan sama sekali sejak tiga tahun lalu Pak. Sekarang ada aturan baru, dilarang menanam sampai ke tengah. Bagaimana solusinya Pak,” ucap Najib selaku nelayan lainnya.

Hal ini akhirnya direspon Sandiaga dengan berkata “Pak Najib dan Pak Anas, insyaallah jika terpilih, kami akan fokus untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dialami masyarakat nelayan di pasir Putih dan masyarakat nelayan lainnya,”

“Keluhannya semua sama, pemerintah tidak hadir dalam membantu kesulitan rakyatnya. Prabowo Sandi akan fokus untuk itu. Penciptaan dan penyediaan lapangan kerja, juga harga-harga kebutuhan pokok yang stabil serta terjangkau,” tambahnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)