Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Tegaskan Indonesia Memiliki Banyak Potensi

Jokowi Tegaskan Indonesia Memiliki Banyak Potensi

Jakarta – Potensi apa saja yang dimiliki Indonesia? Jika pertanyaan itu datang, kita tentu dapat menjawab dengan mudah. Bagitu yang dikatakan Joko Widodo (Jokowi) dalam buku “Jokowi Menuju Cahaya” karya Alberthiene Endah.

Jokowi Tegaskan Indonesia Memiliki Banyak Potensi

Potensi itu, kata Jokowi, di antaranya adalah industri kerajinan, pariwisata, perkebunan, pertanian, hasil budidaya laut, hingga pertambangan. Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, Jokowi meyakini Indonesia bisa menjadi lumbung dunia.

“Negeri ini sangat kaya. Tapi, ketika ditanya mana potensi yang sungguh-sungguh menjadi primadona, yang teknologinya sangat mengagumkan, yang benar-benar memiliki konsep canggih dari hulu ke hilir, kita mulai bingung,” ujar Jokowi pada Jumat (4/1/2019).

Jokowi pun mengakui, hingga saat ini aksi agresif dan terstruktur untuk memajukan perekonomian di negeri ini. Lalu, Jokowi memfokuskan pada bidang pertanian. Apa saja yang dibutuhkan pada bidang tersebut, disiapkan. Program itu dinamakannya Nawa Cita.

Proyek pertama yang menurutnya paling urgent untuk bisa mengembangkan pertanian adalah bendungan, waduk, dan embung untuk menjamin ketersediaan air lantaranya masih banyak daerah yang masih kesulitan mendapatkan air, Nusa Tenggara Barat (NTB) salah satunya.

Sebanyak 65 bendungan raksasa pun dibangu untuk mengejar target 231 bendungan di Indonesia. “Jumlah ini masih minim, Amerika punya 1.600 bendungan. China bahkan memiliki 110 ribu bendungan. Bandingkan dengan negeri seluas Indonesia yang hanya punya 231 bendungan,” terangnya.

Baca juga: PKB Imbau Polisi Segera Rampungkan Kasus Hoaks Surat Suara

Karena infrastruktur yang memadai itulah, kata Jokowi, Amerika dan China bisa mencatat kemajuan dengan pesat. Sejumlah bendungan sudah diselesaikan dalam kurun waktu empat tahun pemerintahannya. Setelahnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, yang dibangun adalah irigasi.

“Semua ini butuh waktu dan kesabaran. Sekali lagi, tidak ada yang instan!”. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Curigai Adanya Permainan Dalam Kasus Dana Hibah KONI

KPK Curigai Adanya Permainan Dalam Kasus Dana Hibah KONI

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga adanya permainan sebelum proposal dana hibah dari KONI ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135