Jakarta – Debat Pilpres memang masih akan dilakukan dalam beberapa hari lagi, namun Habiburrokhman selaku jubir BPN PAS sudah sesumbar bahwa dalam bagian debat pertama ini Prabowo sudah unggul 3-0.

Gerindra Anggap Prabowo Sudah Menang Telak Dari Jokowi di Debat Pertama

Saat ditemui media kemarin, dirinya menuturkan bahwa “Terkait materi debat pertama, yaitu soal hukum dan HAM, korupsi, dan terorisme, saya yakin Prabowo sudah unggul 3-0 dari Jokowi,”

“Bisa jadi ini seperti unfulfilled promises versus new hope. Dalam bidang hukum dan HAM, orang akan mempertanyakan kasus ketimpangan penegakan hukum, ada tuduhan hukum tajam ke kubu oposisi tetapi tumpul ke pendukung penguasa. Selain itu, ada beberapa kasus HAM penting yang tak selesai, seperti kasus Marsinah, Udin, dan Novel Baswedan,” ujar Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah (ACTA) Air ini.

“Hal tersebut merupakan indikasi gagalnya nawacita. Indeks Persepsi Korupsi juga masih stagnan di skor merah, yaitu 37, dari skor maksimal 100,” ulasnya.

“Jika ada calon yang berstatus petahana, debat itu bukan hanya soal performance adu kepintaran bicara dan berpikir, tetapi juga soal track record apa yang dia lakukan selama berkuasa. Wajar apabila kubu petahana pusing tujuh keliling menghadapi debat tersebut,” pungkasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)