Home > Ragam Berita > Nasional > Mahfud MD: Persatuan Bangsa Terancaman karena Politik Identitas

Mahfud MD: Persatuan Bangsa Terancaman karena Politik Identitas

Yogyakarta – Mahfud MDadalah eks ketua Mahkamah Konstitusi. Belum lama ini, dia memberikan penilaian politik identitas. Di tahun politik, hal tersebut makin mengancam persatuan bangsa.

Mahfud MD: Persatuan Bangsa Terancaman karena Politik Identitas Mahfud MD: Persatuan Bangsa Terancaman karena Politik Identitas

Mahfud MD

“Saat ini gejala perpecahan bangsa makin terasa karena politik identitas semakin kental,” kata Mahfud di sela menghadiri deklarasi gerakan Suluh Kebangsaan di Yogya pada Rabu (9/1/2019).

Mahfud menjelaskan, fenomena tersebut menjadi identitas nasional. Akibatnya, bangsa bakal pecah dan saling menyerang. Konflik agama pun bakal ditimbulkan untuk memanaskan kondisi politik. Termasuk di kalangan warga beragama Islam yang notabene mayoritas penduduk pun terbelah.

Misalnya, si A menuding si B bukan Islam, namun sebaliknya si B yang menilai justru si A yang bukan Islam. “Gejala perpecahan ini semakin diprovokasi dan disiram dengan berita hoax, perpaduan ini yang mempengaruhi persepsi dan perilaku masyarakat, ini yang berbahaya,” kata dia.

Mahfud melihat gejala makin dianggap wajarnya berita hoax seperti peristiwa yang tidak pernah terjadi dikabarkan berulang-ulang bahwa peristiwa itu seolah terjadi jelas sangat membahayakan.

Baca juga: Inilah Alasan Aher Tidak Penuhi Panggilan KPK

Indonesia pun, kata Mahfud, bisa menjadi lebih parah dari Suriah yang sempat kacau balau negaranya karena dikuasai kelompok ISIS. Sebab karakter Indonesia negara majemuk sedangkan Suriah lebih ke negara monolitik dari sudut ideologi.

“Jangan bilang yang terjadi di Suriah tak bisa terjadi di Indonesia jika tak diantisipasi benar,” kata Mahfud. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Mungkin Besar Panggil Mendagri sebagai Saksi Kasus Suap MeikartaKPK Mungkin Besar Panggil Mendagri sebagai Saksi Kasus Suap Meikarta

KPK Mungkin Besar Panggil Mendagri sebagai Saksi Kasus Suap Meikarta

Jakarta – KPK tengah mempelajari kemungkinan untuk menghadirkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam proses ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135