Teheran – Veteran angkatan laut Amerika Serikat ditangkap otoritas hukum Iran. Penangkapan Michael R. White, 46 tahun, itu terjadi lima bulan lalu. Hal tersebut terjadi saat veteran itu mengunjungi kekasihnya di Iran.

Veteran AL Amerika Ditangkap Otoritas Hukum Iran

Ilustrasi

“Saya tidak ingin bicara apapun saat ini,” kata Joanne White, ibu dari White, sebagaimana diberitakan NBC News pada Kamis (10/1/2019).

Berdasar informasi, penangkapan White dilakukan setelah Presiden Donald Trump menarik AS dari perjanjian nuklir Iran. Kemudian, Trump memberlakukan sanksi ekonomi. Misalnya, melarang negara lain membeli minyak Iran dan penggunaan dolar dalam transaksi ekspor Iran.

Sementara itu, White berasal dari Imperial Beach, di San Diego Country, AS. Pada 2014, White meminta bantuan dari lembaga American Rogues, sebuah Celtic band yang mendedikasikan diri membantu para veteran.

Baca juga: Kirim Benda Mencurigakan, Polisi Ciduk Pria Berusia 48 Tahun Ini

White meminta bantuan dana US$5.000 atau sekitar Rp70 juta untuk membantu seorang perempuan yang menderita penyakit lupus di Timur Tengah. Tidak diketahui apakah pacar White itu sama dengan perempuan dari 2014.

“Dia mengatakan berharap untuk membawa perempuan itu ke AS. Dia juga menyatakan berencana membayar semua bantuan dari donor,” kata vokalis dari Celtic band, Nelson Stewart. (Tita Yanuantari – harianindo.com)