Home > Ragam Berita > Internasional > Duterte Kecam Kinerja Lambat Auditor Pemerintah

Duterte Kecam Kinerja Lambat Auditor Pemerintah

Manila – Presiden Filipina Rodrigo Duterte melayangkan pernyataan kontroversial. Dia mengungkapakan akan menculik dan menyiksa pengaudit pemerintah. Sebab, dia menilai kinerja yang lambat membuat pemerintahannya terhambat .

Duterte Kecam Kinerja Lambat Auditor Pemerintah

Rodrigo Duterte

Pernyataan itu dilontarkan Duterte saat berpidato di hadapan para pejabat lokal di Manila. Sebbagaimana diberitakan Aljazeera pada Kamis (10/1/2019), Duterte melayangkan kecaman kepada Komisi Audit (COA), badan konstitusional independen. Itu adalah badan yang bertanggung jawab memeriksa rekening dan pengeluaran pemerintah.

“Mari kita culik orang-orang dari COA. Kita bawa mereka ke sini dan kita akan menyiksa mereka,” kata Duterte dalam pidatonya yang penuh sumpah serapah dalam bahasa Inggris maupun Filipina.

“Mereka selalu membuat hal-hal menjadi sulit. Itulah yang saya tidak suka, membuat hal-hal menjadi sulit,” lanjutnya.

Auditor pemerintahan di Filipina selalu mendapat reputasi sebagai orang-orang yang sulit karena mereka meneliti dengan cermat seluruh pengeluaran yang dilakukan lembaga pemerintah.

Meski mereka tidak memiliki kewenangan untuk menuntut, namun bukti yang dikumpulkan oleh pengaudit pemerintah telah banyak digunakan dalam kasus yang membawa sejumlah pejabat publik ke balik jeruji penjara.

Komentar Duterte kali ini bukan pertama kalinya dia mengecam pengaudit negara. Sebelumnya, Duterte pernah mengatakan agar para auditor tersebut didorong jatuh dari tangga dan menyebut regulasi pemerintah sebagai sampah. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Trump Ajukan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Trump Ajukan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump belum lama ini melontarkan pernyataan. Dia menilai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135