Solo – Pada hari Minggu (13/1/2019) mendatang, Kelompok Persaudaraan Alumni (PA) 212 Solo Raya berencana untuk menggelar tabligh akbar di kawasan Gladag, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Pihak panitia acara memastikan bahwa tak akan ada kegiatan kampanye dalam acara tersebut.

PA 212 Gelar Tablig Akbar di Solo Minggu Ini

Pihak Humas panitia tabligh akbar, Endro Sudarsono, menyebutkan ada beberapa tokoh nasional yang akan bergabung. Antara lain Ketua PA 212, KH Slamet Ma’arif, dan mantan Ketum Pemuda Muhammadiyah yang juga koordinator Jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Kita tidak kampanye. Kita berharap agar dari Pak Dahnil agar bisa menyesuaikan bahwa ini tablig akbar terkait konsolidasi massa 212,” kata Endro saat dihubungi detikcom, Jumat (11/1/2019).

Berbicara masalah perizinan, Endro mengatakan tidak memerlukannya. Panitia hanya mengirimkan pemberitahuan kepada aparat kepolisian dan Pemkot Surakarta. Panitia memprediksi, bakal ada ribuan peserta yang akan hadir dalam acara tersebut. Namun jumlah peserta kali ini diperkirakan lebih sedikit dari acara sebelumnya.

“Kita kirim pemberitahuan ke Polda Jateng, Polres Solo, Polsek, Dishub dan Kesbangpol. Bawaslu memantau ya tidak masalah, itu kan tugasnya. Kami dua kali melakukan aksi serupa juga tidak ditemukan pelanggaran,” kata dia.

“Perkiraan ribuan orang. Tapi karena Sukoharjo, Klaten, Wonogiri ada kegiatan aksi massa, kami tidak menjamin banyak sekali yang datang. Nanti malah dari wilayah Jatim akan merapat ke Gladag,” tutupnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)