Jakarta – Politisi senior Amien Rais, mengkritik soal penampilan calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin, yang ia nilai tidak banyak berperan dalam debat perdana Pilpres 2019 yang dilaksanakan pada Kamis (17/1/2019) malam.

Dikritik Amien Rais Tidak Banyak Berperan Dalam Debat, Ini Reaksi Ma’ruf Amin

“Saya lihat memang ada yang menonjol. Yang menonjol itu hampir tak ada peran Kiai Ma’ruf Amin, saya melihat seperti itu,” kata Amien usai acara debat, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2018).

Terkait hal itu, Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa posisinya sebagai calon wakil presiden sehingga porsi utama untuk berbicara adalah Jokowi.

“Ya itu tadi, saya kan wakil presiden (wapres), porsi utama itu presiden. Saya hanya menambah saja. Jangan seperti saur manuk (seperti burung yang saling bersahutan), sini ngomong sana ngomong,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2019).

Selain itu menurut Ma’ruf, pembahasan debat kemarin kebanyakan soal kritik kebijakan pemerintahan Jokowi, sehingga ia merasa tidak pantas untuk menjawabnya.

“Masalah yang banyak berkembang tadi malam itu masalah yang kebijakan yang sudah dilakukan Pak Jokowi, kan tidak pantas saya yang jawab, yang lebih tahu soal Pak Jokowi, nah gitu saya kira,” katanya.
(samsularifin – harianindo.com)