Jakarta – Banyak sekali orang yang gemar dengan masakan pedas. Namun bagi beberapa orang yang tidak menyukai pedas, mengalami kepedasan akan sangat mengganggu.

3 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

Kadangkala ada sajian yang pedasnya keterlaluan dan membakar lidah. Rasanya tentu saja tak nyaman dan sangat panas. Biasanya cara pertama yang sering dilakukan untuk mengurangi rasa pedas adalah dengan minum air putih banyak-banyak, namun cara tersebut kurang efektif karena penyebab rasa pedas pada cabai adalah Kapsaisin, sejenis minyak yang percuma saja jika diberi air.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan rasa pedas dengan praktis dan mudah, coba ikuti langkah-langkah berikut seperti dilansir dari vemale.com (Kamis, 28/4/2016):

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan minum susu. Saat makanan pedas mulai terasa membakar lidah, minum seteguk susu, diamkan dalam mulut hingga rasa pedas berkurang, baru telan. Cara ini merupakan cara yang sangat cepat dan efektif untuk mengusir pedas dari lidah.

Cara kedua Anda bisa mencoba memakan es krim atau yogurt Ladies. Pilih es krim dengan bahan dasar susu. Gigit hingga es krim masuk mulut, diamkan beberapa saat hingga mencair dan rasa pedas hilang baru telan.

Cara Kedua apabila Anda kesusahan mencari dua minuman di atas kamu bisa mencoba menghilangkan pedas dengan mengunyah nasi. Ambil sesendok nasi dan kunyah perlahan. Tunggu sampai rasa pedas di mulut hilang dan telan nasi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)