Home > Ragam Berita > Nasional > Inayah Wahid : Petisi Penolakan RUU PKS Bisa Kacaukan Presepsi Masayarakat

Inayah Wahid : Petisi Penolakan RUU PKS Bisa Kacaukan Presepsi Masayarakat

Jakarta – Penggagas Keberagamaan Inayah Wahid menyayangkan sikap penyebar hoaks terkait Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS). Padahal, undang-undang itu dinilai bisa melindungi korban kekerasan seksual.

Inayah Wahid : Petisi Penolakan RUU PKS Bisa Kacaukan Presepsi Masayarakat

Inayah Wahid

“Kita dalam kondisi urgen mengenai RUU PKS ini, korbannya terlalu banyak dan tidak ada jalan keluarnya,” kata Inayah di Gedung LBH, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Kemunculan petisi penolakan RUU PKS dinilai menghancurkan persepsi masyarakat. Terlebih, kata Inayah, petisi itu menggunakan kalimat yang tidak sesuai dengan fakta.

“Urgensi ini juga masih tertahan dengan maraknya stigma seperti munculnya petisi yang bilang undang-undang ini bermasalah seperti menggunakan kata “pro zina” padahal tidak. Ini ditujukan untuk mengubah pandangan masyarakat,” ujar Inayah.

Inayah mengatakan, fokus utama dari RUU PKS adalah memberikan perlindungan kepada korban yang belum disentuh secara komprehensif. Salah satu contohnya, kata dia, berupa penggunaan foto dengan tujuan asusila tanpa izin.

Pernyataan pelarangan penggunaan hijab juga menjadi salah satu hoaks dalam petisi tersebut. Padahal, ujar Inayah, undang-undang ini dirancang dengan bantuan tokoh agama.

Baca juga: BMKG Tegaskan Ada Delapan Zona Kegempaan di Indonesia

“Undang-undang ini dianggap tidak menyentuh aspek agama. Padahal RUU P-KS ini berdasarkan aspirasi dari tokoh agama dan penggiat perempuan,” tutur Inayah.

Pada 27 Januari 2019 beredar petisi untuk menolak RUU PKS dengan judul “Tolak RUU Pro Zina”. Penggagas petisi Maimon Herawati. Maimon menuding RUU PKS melanggengkan seks bebas dan membahas tentang pemakaian jilbab. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Beredar Video Ceramah Ahmad Dhani Sebut Hubungan Antara NU, PDIP, dan Nasakom

Beredar Video Ceramah Ahmad Dhani Sebut Hubungan Antara NU, PDIP, dan Nasakom

Jakarta – Musisi Ahmad Dhani yang saat ini ditahan atas kasus ujaran kebencian, Ahmad Dhani, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135