Jakarta – KPU kembali menegaskan dengan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019. Viryan Aziz selaku komisioner KPU menuturkan bahwa sikap golput hanya keren saat Orde Baru saja.

KPU : "Golput Itu Hak, Tapi Sudah Nggak Keren"

Saat ditemui di kantornya, dirinya menuturkan bahwa “Golput itu hak, tapi sudah nggak keren. Kerennya itu golput di Orde Baru,”

“Kalau sekarang apa yang mau di-golputin? (Sekarang) setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menggunakan hak pilihnya, tidak ada intimidasi,” jelasnya.

Seperti yang telah diketahui, Pemilu 2019 digelar pada 17 April mendatang, yang berdekatan dengan libur panjang. Viryan menyebut masyarakat rugi jika tak menggunakan hak pilih.

“Libur kan bisa tiap minggu. Memilih 5 tahun sekali. Rugi kalau nggak milih. Golput itu rugi karena kalau kita tidak memilih siapa pun orangnya pasti tetap akan terpilih dan kita tidak terlibat di dalam keterpilihan mereka,” ujar Viryan.

“Kita punya kesempatan menentukan siapa yang terpilih, tapi kita memilih untuk tidak terlibat kan rugi. Karena nasib kita nanti ditentukan oleh mereka,” imbuhnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)