Jakarta – Cawapres 02 Sandiaga Uno lagi-lagi mendapat keluhan warga, ketika berkunjung ke Brebes, Jawa Tengah. Ada seorang petani bawang bernama Subhan yang sempat mengeluh soal harga bawang yang semakin menurun.

Kubu Prabowo Tak Membantah "Si Petani Bawang" Memang Pernah Jadi Anggota KPU

Momen tersebut, lantas diabadikan melalui video dan diunggah di media sosial di akun Twitter milik Sandiaga. Video tersebut, sontak menjadi sorotan dari netizen. Beberapa netizen menyebut jika dialog yang terjalin antara Sandiaga dan Subhan hanyalah rekayasa atau sandiwara semata.

Hal tersebut membuat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga merasa sedih. Pasalnya, tak selayaknya Subhan dituduh melakukan sandiwara. Juru bicara BPN Andre Rosiade menyayangkan masih ada saja pihak yang melayangkan fitnah kepada orang yang kesusahan.

“Saya sedih melihat mental orang lagi kesusahan tapi di-bully dan dituduh berbohong,” kata Andre kepada wartawan, Selasa (12/2/2019). “Kan kasihan dibilang sandiwara, nggak elok ya mental seperti ini.”

Tuduhan sandiwara tersebut lantaran netizen mengira bahwa Subhan adalah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, anggota KPU dilarang keras melakukan kampanye.

Andre kemudian menegaskan bahwa Subhan memang anggota KPU, namun itu dulu. Saat ini, Subhan memang benar merupakan seorang petani bawang. Sehingga apa yang disampaikan soal keluh kesah jatuhnya harga bawang, bukanlah hal yang direkayasa. Itu adalah fakta yang terjadi di lapangan.

“Itu kan biasa aja kalau dulu beliau mantan anggota KPU lalu sekarang jadi petani bawang,” tegas Andre. “Yang dia ceritakan kan tetap fakta soal bagaimana kondisinya sekarang. Masalahnya apa?”

Andre meminta agar publik tidak melihat latar belakang Subhan yang dulu. Sebab, yang lebih penting adalah kondisi sebenarnya yang dihadapi petani tersebut saat ini. Ia tidak ingin jika ada pihak yang membuat fitnah terkait hal ini.

“Jangan lihat background dia,” lanjut Andre. “Tapi lihat kondisi ekonomi yang dia hadapi sekarang. Kok ini seperti difitnah ya.”

Sebelumnya, Subhan sambil menangis berkeluh kesah pada Sandiaga. Akibat harga bawang yang jatuh membuat banyak istri dari teman-temannya memilih untuk menjadi TKW ke luar negeri. Sebab, mereka sudah tak bisa lagi menggantungkan harapan ke ladang.

“Sekarang gini, ketika bawang harganya rendah, banyak temen-temen saya yang jadi duda,” kata Subhan dalam video yang diunggah Sandiaga di Twitter pada Senin (11/2/2019).

“Karena (istrinya) menjadi TKW ke sana, karena ladang-ladang, sawah sudah tidak bisa jadi harapan lagi.”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)