Home > Ragam Berita > Nasional > Khofifah-Emil Resmi Menjabat sebagai Gubernur dan Wagub Jatim

Khofifah-Emil Resmi Menjabat sebagai Gubernur dan Wagub Jatim

Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur hingga lima tahun ke depan.

Khofifah-Emil Resmi Menjabat sebagai Gubernur dan Wagub Jatim

Sebelum dilantik, mereka terlebih dahulu menerima petikan SK pengangkatan oleh Presiden, di Istana Merdeka. Setelah itu, berjalan di arak ke Istana Negara yang terletak di belakang Istana Merdeka.

Dengam pengambilan sumpah, Khofifah dan Emil sah menjadi orang nomor satu dan dua di provinsi paling timur pulau Jawa itu. Pelantikan keduanya, tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 2/P tahun 2019 tanggal 8 Januari dan Nomor 16/P tangggal 12 Februari tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

SK itu juga, mengangkat Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi definitif sisa masa jabatan 2016-2021.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik baiknya dan seadil adilnya,” ucap sumpah janji yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti Khofifah, Emil dan Fachrori, Rabu (13/2/2019).

“Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa.”

Seperti diketahui, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, akhirnya ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk periode tugas 2019-2024, dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur di Surabaya, pada Selasa 24 Juli 2018 lalu.

“Dengan penetapan ini, berakhir sudah seluruh tahapan Pilkada Jatim 2018. Selanjutnya akan kami serahkan kepada Kementerian Dalam Negeri. Termasuk pelantikannya nanti menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri,” ujar Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

CEO Buka Lapak Mengaku Khilaf dan Menyesali Cuitannya Soal Presiden Baru

CEO Buka Lapak Mengaku Khilaf dan Menyesali Cuitannya Soal Presiden Baru

Jakarta – Mengenai cuitannya beberapa waktu lalu, CEO Bukalapak Achmad Zaky akhirnya membuat klarifikasi resmi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135