Jakarta – Bau mulut memang sangat mengganggu. Kondisi tersebut dapat membuat seseorang tidak pede. Tidak terkecuali pada remaja. Namun, Anda tidak perlu panik. Hal tersebut dapat dicegah jika mengetahui penyebabnya.

Inilah Beberapa Hal yang Mengakibatkan Bau Mulut pada Remaja

Berikut ini adalah beberapa penyebab mulut bau.

Jarang menyikat gigi
Jarang menyikat gigi adalah penyebab utama bau mulut. Jika anak remaja tidak menyikat gigi dua kali sehari, partikel makanan dapat mengendap dalam mulut. Kurangnya perawatan mulut yang tepat juga dapat menyebabkan masalah gigi, seperti gusi berdarah, penumpukan plak dan infeksi. Masalah-masalah ini adalah alasan untuk berkembangnya infeksi bakteri di mulut, sehingga menyebabkan bau mulut pada remaja.

Kondisi medis
Beberapa kondisi medis, seperti kanker, gangguan metabolisme, masalah pencernaan, dan diabetes dapat melepaskan bahan kimia yang berkontribusi terhadap bau mulut pada remaja.

Mulut kering
Saliva penting untuk menjaga kesehatan mulut. Ketika produksi air liur berkurang, maka akan mengakibatkan mulut kering. Obat-obatan dan penyakit dapat menyebabkan bau mulut.

Asam lambung dan makanan tertentu
Asam lambung dapat menyebabkan bau mulut, meskipun jarang terjadi. Selain itu, makanan tertentu, seperti bawang merah atau bawang putih mengandung bau yang menyengat. Ketika makanan tersebut memasuki aliran darah pada pencernaan, maka bau bisa mencapai paru-paru dan membuat nafas tidak sedap.

Merokok dan konsumsi alkohol
Produk tembakar dan nikotin dalam bentuk apapun membuat remaja rentan terhadap penyakit gusi. Pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan bau mulut.(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)